PILARBANGSANEWS.COM.PADANG,—Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si. mengatakan, berbagai program penanggulangan kemiskinan yang sedang dilaksanakan akan dilanjutkan. Salah satu caranya adalah  pemanfaatan dana desa (DD) secara maksimal. 

“Tantangannya adalah bagimana meningkatkan kualitas pemanfaatan Dana Desa tersebut dengan melibatkan partisipasi masyarakat agar dapat lebih ditingkatkan,” demikian kata Emzalmi saat membuka acara rapat tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah Kota Padang yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Ruang Rapat Hotel Pangeran Beach Jln. Ir. Juanda No.79 Padang,(30/11)

Wawako Padang menyampiakan, dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, diperlukan langkah-langkah koordinasi dan pengendalian yang kongkrit. Untuk itu, pemerintah telah menertibkan peraturan presiden (perpres) nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan yang merupakan penyempurnaan dari perpres nomor 13 tahun 2009 tentang koordinasi penanggulangan kemiskinan.

“Upaya percepatan penanggulangan kemiskinan salah satunya tidak terlepas dari penguatan kelembagaan penanggulangan kemiskinan baik di tingkat pusat maupun daerah Kota Padang,” Ujarnya Wawako.

Menurut Emzalmi Penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu prioritas nasional pada kabinet Indonesia bersatu II tahun 2015-2020, dari 11 prioritas yang telah ditetapkan, dan merupakan skala prioritas tertinggi di banding prioritas-prioritas yang lain.  

Sektretaris Bapeda Hermansyah menyampaikan, ada tiga indikator pengentasan kemiskiann yaitu meningkatknya indeks pembangunan manuasi (IPM), meningkatnya pertumbuhan ekonomi, serta menurunnya persentase penduduk miskin.

Strategis pengentasan kemiskinan (perpres nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan ,meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin kereberlanjutan usah mikro dan kecil serta mensinergikan kebijakan dan program penaggulangan kemiskinan,(DP).

By Pilar