DHARMASRAYA, pilarbangsanews.com –
Dana Desa yang diterima setiap desa di Tanah Air, tak terkecuali di Sumbar desa disebut Nagari, dana desa ini jumlah nominalnya cukup besar, jika dimaafkan secara maksimal banyak hal yang bisa dibangun dengan dana desa ini.

Pemanfaatan secara maksimal, akan terjamin  jika penggunaan dana desa itu digunakan secara transparan.

Bagi desa yang benar benar telah memanfaatkan dana itu secara maksimal dan transparan, diberikan hadiah.

Muncul kiat bagi PWI Sumbar disaat insan pers akan memperingati hari Pers Nasional  yang akan dipusatkan di Padang,  salah satu kegiatannya mengadakan penilaian terhadap Nagari dalam pemanfaatan dana desa ini. Bak gayung  bersambut, ide itu diterima baik oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa  Sumbar, Drs H Syafrizal menyetujui kegiatan itu.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Penilaian Lomba Transparansi Penggunaan Dana Desa. Dalam Rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun Pers (PWI) Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017, Nagari Koto Ranah Kecamatan Koto Besar, kamis (7/12).

Dalam sambutannya bupati mengatakan,  agar  wali nagari dapat melakukan trnsparansi  dalam menggunakan dana desa di nagari masing masing.

“Transparansi ini selain memberikan informasi kepada masyarakat apa yang sedang dan akan dikerjakan agar, juga akan dapat memancing partisipasi warga,”

Hadir pada acara ini Tim Penilai yang dipimpin langsung oleh Drs.H.Syafrizal. MM Kepala Dinas PMD Provinsi Sumateta Barat, Asisten I ,Kepala SKPD ,Walinagari, Toko Masyarakat H. Khairul Saleh Datuak Pdk Segar dan Masyarakat Nagari Koto Ranah Kacamatan Koto Besar.
(nofsan)

By Pilar