PilPILARBANGSANEWS.COM. SOLOK,– Komando Distrik Militer (Kodim) 0309 Solok menggelar karya bakti membersihkan jalan di pinggir Batang Lembang, Kelurahan Sinapa Piliang, Kota Solok, Kamis (7/12). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 185 orang yang berasal dari berbagai elemen di Kota Solok. Terdiri dari 60 Anggota Kodim 0309 Solok, 20 personel Polres Solok Kota, 15 personel Pol PP Kota Solok, 10 orang Anggota Pemuda Pancasila Kota Solok, 10 Anggota FKPPI, 10 petugas kebersihan KLH Kota Solok dan 60-an masyarakat Sinapa Piliang.

Dandim 0309/SLK Letkol (Arh) Priyo Iswahyudi, melalui Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim 0309/SLK, Kapten (Inf) Pardomuan Simanjorang menyatakan Karya Bakti ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Juang Kartika 2017 yang jatuh pada 15 Desember nanti. Menurut pria yang juga Danramil Solok tersebut, kegiatan ini mengangkat tema; “Manunggal dengan Rakyat, TNI Kuat”.

“Kegiatan ini merupakan bukti sumbangsih TNI untuk rakyat. Karya bakti di kelurahan Sinapa Piliang ini diharapkan bisa meningkatkan kedekatan dan hubungan baik TNI dengan rakyat selama ini. Sesuai dengan tema Manunggal dengan Rakyat, TNI Kuat. Karena rakyat lah TNI ini kuat dan TNI selalu berada di tengah-tengah rakyat. Kita juga mengapresiasi peran serta polisi, Pol PP, FKPPI, Pemuda Pancasila, KLH dan masyarakat yang ikut serta dalam karya bakti ini,” ungkap Simanjorang.

Dalam karya bakti tersebut, seluruh peserta membersihkan jalan di sepanjang RT 1 dan RT 2 di RW 1 Kelurahan Sinapa Piliang, Kecamatan Lubuk Sikarah. Karya bakti tersebut berlangsung dengan penuh keakraban dan suka cita. Hal ini seperti mengingatkan kembali Manunggal yang sangat populer di tahun 1970-an hingga 1990-an.

Dalam kegiatan itu, juga tampak hadir sejumlah perwira Kodim 0309/SLK. Di antaranya perwira penghubung (Pabung) Dim 0309/SLK Mayor (Inf) Togar Harahap, perwira seksi Operasi (Pasi Ops) Dim 0309/SLK Kapten (Chb) Budiman, Danramil 02 Lembang Jaya Kapten (Inf) Afrizal, Danramil 08 Bukit Sundi Kapten (Inf) Rapi’i, Danramil 09 Gunung Talang Kapten (Inf) K Napitupulu dan Danramil 10 Alahan Panjang Kapten (Inf) Tarmizi. Selain itu, juga tampak hadir Lurah Sinapa Piliang Isnawati S. Sos.

“Karya bakti seperti ini akan selalu kita lakukan. Terutama kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat banyak. Mungkin aplikasinya yang berbeda, seperti misalnya dalam bentuk gotong royong. Semoga dengan kedekatan TNI dan rakyat ini, kita bisa berperan dalam pembangunan daerah,” ujarnya. (rzl).

By Pilar