Yogyakarta, Pilarbangsanews.com – Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya Sabtu (9/12), ambil bagian diajang Hari Perkebunan Nasional yang dipusatkan di Yogyakarta.  
Hari Jadi Perkebunan tahun ini yang dipusatkan di  Yogyakarta itu  mengusung tema “Petani Berhak Sejahtera Demi Terwujudnya Kejayaan Perkebunan.”  
Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya Darisman,  SSi MM, kepada Pilarbangasanews.com mengatakan, bicara  perkebunan tidak bisa dilepaskan dari cerita Kabupaten Dharmasraya, lahirnya Kabupaten Dharmasraya salah satu disebabkan oleh peran sektor perkebunan dalam mendongkrak perekonomian masyarakat Dharmasraya atau Sijunjung  bagian selatan. 

 “Cerita itu bermula dari kegiatan perkebunan karet P3RSB dan TCSDP yang melibatkan masyarakat dunia seperti  Jerman dan organisasi bank dunia,” jelasnya.  

Untuk itu, kata mantan Camat Timpeh ini,  kegiatan seminar serta hari jadi Perkebunan yang puncak kegiatan diadakan di Jogja sangat penting diikuti untuk sharing informasi serta membangun relasi dan mencari investor pertanian khususnya perkebunan untuk kita bawa ke Dharmasraya. 

Kabid Perkebunan Dharmasraya Martin Effendy S. Hut MM disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hari jadi Perkebunan yang ke 64 yang dipusatkan di Yogyakarta. 

“kegiatan ini selama tiga hari yang diisi dengan berbagai macam kegiatan dibidang perkebunan,  semua pelaku usaha perkebunan hadir dikegiatan ini, “jelasnya. 

 
Acara ini,  kata Martin juga sebagai ajang sharing informasi serta membangun jaringan dibidang perkebunan.  

” Alhamdulillah kita bisa ikut andil dalam kegiatan ini, tegasnya. 

Dijelaskan Martin,  kedepan untuk program perkebunan di Dharmasraya maupun skala nasional difokuskan untuk peremajaan kebun kebun karet dan sawit yang tidak produktif lagi., “Kita akan menggenjot ini, sehingga para petani Dharmasraya bisa sejahtera sesuai dengan nama cita bapak presiden dan sejalan dengan visi misi bupati,” tandasnya. ( Rjl )

By Pilar