Dharmasraya, pilarbangsanews.com – Seminar Nasional (Good Parenting) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan yang dikepalai oleh Marius, S. Pd, MM dan Sekretaris Reno Lazuardi, dilaksanakan di auditorium Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (9/12) pagi.

Seminar Nasional Dinas Pendidikan dibuka oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang kali ini diwakili oleh Sekda Dharmasraya Leli Arni, S.Pd, M.Si yang mengusung tema “Pentingnya Pelibatan Keluarga Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah”.

Dewan Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Abdawarsya dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Marius, menggelar kegiatan ini hasil koordinasi Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan atas pentingnya Pendidikan keluarga.

Seminar Nasional kali ini menghadirkan nara sumber dari Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Tengku Bagindo Haji Muhammad, Kasubdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud, Warisono, S.Sos, M.Pd.

Bupati Dharmasraya yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Dharmasraya diharapkan mampu membantu pemerintah untuk mensukseskan pendidikan di Dharmasraya kedepannya, “Harapan Bupati”.

Fungsi Dewan Pendidikan Harus bertumpu pada landasan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di daerah oleh karena itu pembentukan harus memperhatikan pembagian peran sesuai posisi dan otonomi yang ada.

Adapun peran yang dijalani dewan pendidikan adalah sebagai berikut :

1. Memberi pertimbangan dalam penentuan dari pelaksanaan kebijakan pendidikan 
2. Mendukung penyelenggaraan pendidikan baik secara finansial pemikiran maupun tenaga 
3. Sebagai kontrol Line agency dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan 
4. Mediator antara pemerintah dewan perwakilan rakyat dan masyarakat. 

Fungsi Dewan Pendidikan mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Melakukan kerjasama dengan masyarakat, perorangan atau organisasi. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat. 
Memberikan masukan pertimbangan dan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah, mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan, melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program penyelenggaraan dan keluaran pendidikan.

(nofsan)

By Pilar