PILARBANGSANEWS.COM. KALSEL. SKI,– Pagelaran  seni budaya Kalimatan selatan, manampilkan rangkaian prosesi Perkawian Adat Banjar Kalimatan Selatan, telah  digelar dianjungan Kalimatan Selatan Taman Mini Indonesia Indah TMII. sabtu, 9 /12/2017

Rodalti hidayati selaku kepala penghubung anjungan kalimantan selatan mengatakan, pergelaran itu bertujuan sekaligus memperkenalkan budaya Banjar. Kali ini yan diperkenalkan adalah  adat trdisi yang telah lama ditinggalkan dan  nyaris terlupakan, yakni  prosesi “Bausung Pengantin”.


Kata  “Bausung” maknanya adalah menggendong atau mengusung.

Budaya yang saat ini begitu lama ditinggalkan oleh masyarakat  suku Banjar kalimatan Selatan kini harus di lestarikan kembali, dan juga  menjadi salah satu  pontensi budaya kalimantan selatan khususnya  Banjar. 

Turut hadir Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi kalimantan selatan 

H.M Yusuf Efendi. Direktur Budaya Taman mini Indonesia Indah Drs, Sulistyo Tirtokusumo, MM. Dilanjutkan pemberian Candramata dari Pemerintah  Provinsi Kalimantan Selatan kepada Dirut, Seni Budaya TMII dan juga pemberian Cinderamata dari Dirut Budaya TMII kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Asisten II bidang Perekonomian dan pembangunan. Setdaprov kalimantan selatan  IR H Hermansyah, M,si yang mana mewakili Gubernur kalimatan selatan sekaligus membuka “Pagelaran  Seni Budaya Kalimatan selatan” dengan pemukulan Mayang. Pungkas. Hidayanti.



By Pilar