Dharmasraya

Kepala SMP N 1 Sitiung Sunardi S.Pd Satu-Satunya Sekolah Di Dharmasraya Terima Piagam Adiwiyata


PILARBANGSANEWS.COM. DHARMASRAYA,–

Sudah lama diimpikan, baru tahun ini impian Kepala SMP Negeri 1 Sitiung, Sunardi jadi kenyataan. Impian apa yang telah jadi kenyataan bagi kepala sekolah yang satu ini? Yakni pengakuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahwa di sekolahnya wajar diberikan piagam Adiwiyata.

SMP Negeri 1 Sitiung satu satu sekolah  mewakili ratusan sekolah yang ada di Kabupaten Dharmasraya mendapat piagam penghargaan bergengsi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sunardi akan menerima piagam itu bersama 28 orang kepala SD, SMP dan SMA sedarjat  dari Provinsi Sumatera Barat. 


Penyerahan Piagam Adiwiyata akan diterima oleh Kepala SMP Negeri 1 Sitiung langsung dari Mentri KLHK Siti Nurbaya Bakar, di lobby Auditorium Dr. Ir Soedjarwo, Gedung dan Area Manggala Wanabakti Jl. Gatot subroto Jakarta Pusat dalam sebuah acara Gebyar Generasi Nuda Indonesia Bela Lingkungan (Gemilang). Kamis lusa (21/12)

Sunardi sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Sitiung selama menjdi Kepsek sudah banyak kemajuan  pembangunan fisik sekolah yang telah diraihnya . Sekolah yang dulu gersang, kini telah dipenuhi dengan pohon pohon rindang, dan di dukung dengan adanya pendopo yang si sediakan untuk siswa melakukan kegiatan ekstrakurikuler dan tempat bersantai melepaskan kejenuhan stelah mengikuti  padatnya jadwal proses belajar mengajar.

Jika kita berada disekolah ini, kita mencium aroma udara lingkungan yang asri dan nyaman, serasa berada ditempat destinasi wisata, namun baru sadar bahwa disana adalah lingkungan  sekolah pendidikan, karena  warganya memakai baju seragam sekolah. 

Pembangunan fisik sekolah memang sudah berhasil  kita genjot namun kita masih belum mampu menjadikan sekolah memiliki  kwalitas output  yang membanggakan.

Meningkatkan mutu pendidikan, kata Sunardi, tidak semudah membalik telapak tangan sebab banyak pihak dan komponen yang berperan didalamnya. Namun secara bertahap kami akan coba memperbaiki komponen yang kurang berperan sehingga menjadi sebuah sinergis yang harmonis.

Kini dengan berhasilnya SMP Negeri 1 Sitiung mendapat piagam Adiwiyata ini, secara bertahap komponen itu telah mulai bergerak. 

Apa itu Adiwiyata?

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideauntuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita cita pembangunan berkelanjutan.Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

Mengingat sejarah dan manfaatnya yang sangat besar, Adiwiyata diharapakan bukan sebatas nama program untuk tujuan lomba saja, tetapi bisa dilaksanakan oleh semua pihak yang peduli lingkungan hidup, karena program ini terbukti mampu membangun karakter generasi bangsa.

(Nofasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *