PILARBANGSANEWS.COM. SOLOK,-– Apresiasi tinggi yang diberikan masyarakat terhadap kinerja personel dan institusi Polres Solok Kota, dalam penanganan banjir dan tanah longsor, membuat Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan memberi reword  kepada personelnya. Dony yang beberapa waktu lalu dianugerahi gelar Dt Pandeka Rajo Mudo, memberikan penghargaan terhadap personel yang terjun langsung melakukan evakuasi, penanganan lalu lintas, hingga pencarian korban. Prosesi pemberian penghargaan itu, dilakukan di Mapolres Solok Kota, Rabu (20/12). Penghargaan diberikan kepada Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak, Kasat Shabara, AKP Poniman, Kasat Lantas, Iptu Rifaizal Samual, Kapolsek X Koto Diatas, Iptu Hendri SH, Kapolsek IX Koto Sungai Lasi AKP Afrides Roema, Bhabin Kamtibmas Brigadir Fajri Hidayat dan Brigadir Aulia Rachman.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyatakan, apresiasi patut diberikan kepada personel tersebut. Karena disaat personel dihadapkan pada posisi yang sulit, karena mereka dan keluarganya juga terkena bencana. Di saat seperti itulah, menurut Dony dituntut dedikasi dan kerelaan berkorban sebagai pelayan dan pelindung masyarakat.

“Masyarakat telah menilai kerendahan hati dari personel kepolisian. Masyarakat yang terkena musibah, telah menilai jajaran Polres Solok Kota telah menunjukkan empati yang mendalam terhadap masyarakat terdampak bencana. Bahkan, dinilai sebagai tim penolong yang pertama kali datang di lokasi. Kemudian memberi bantuan yang sangat dibutuhkan masyarakat yang terkena musibah. Terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam penanganan ini, sekaligus membuat harum nama Polres Solok Kota dan kepolisian secara umum,” ungkapnya.

Kapolres juga menyatakan, penilaian positif tersebut sangat terasa saat banjir yang melanda Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi dan Tanah Longsor yang menimpa rumah di Nagari Sibarambang, Kecamatan X Koto Diateh, Kabupaten Solok. Di Guguak Sarai, para personel Polres Solok Kota langsung terjun ke lokasi. Kemudian langsung melakukan evakuasi dan pengaturan lalu lintas yang macet lebih dari lima kilometer. Rasa empati yang dalam juga ditunjukkan oleh Kapolsek X Koto Diatas, Iptu Hendri. Perwira yang baru beberapa hari menjadi Kapolsek itu, ikut berbaur dengan relawan lainnya dalam mencari korban tanah longsor di Nagari Sibarambang. Bahkan Hendri juga ikut menggali dan menggotong mayat korban di lokasi kejadian.

“Kapolsek Hendri, telah menunjukkan dirinya berdiri di garda terdepan dalam tugas. Dia telah menunjukkan bahwa dirinya adalah pemimpin, bukan komandan. Ini harus diteladani personel lainnya di semua kondisi. Penilaian positif dari masyarakat itu diharapkan bisa dipertahankan. Kita berharap, penghargaan yang diberikan menjadi motivasi baik bagi anggota yang bersangkutan personel lainnya. Yakni untuk melaksanakan tugas kepolisisan dengan baik,” ujarnya.

Dony juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah ikut bekerja keras dalam penanggulangan bencana alam dan pemberian bantuan terhadap korban bencana alam di Nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas dan Nagari Guguak Sarai AKecamatan IX Koto Sungai lasi. Dony juga berharap, para personel lain yang terlibat, namun tidak mendapatkan penghargaan, jangan berkecil hati.

“Saya bukan tidak memperhatikan. Banyak personel lain yang telah menunjukkan kerja keras dalam penanganan bencana kemarin. Terutama para Bhabin Kamtibmas. Jumlahnya sangat banyak,” ujarnya. (rzl)

By Pilar