PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,–Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi menutup secara resmi Alang Ponggongan Festival Silat Tradisi tahun 2017 di Aula PGSD Kota Bukittinggi, Rabu (20/12).

Festival yang diksanakan sejak tanggal 17 sampai 20 Desember 2017 yang selalu dibanjiri penonton dan pencinta silat tradisi dari awal pembukaan sampai penutupn tersebut dalam rangka pemperingati Hari ulang tahun perguruan Alang Ponggongan ke-37 yang berdomisili di Birugo Kecamatan ABTB dan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-233.

Festival yang dilaksanakan tingkat Kota Bukittinggi dan Agam Timur ini diikuti oleh 120 pasang peserta yang dibagi atas kategori Usia Dini (usia 9 – 12 tahun), Pra Remaja (usia 13 – 15 tahun) , Remaja (usia 15-17 tahun) dan Dewasa (usia 17 – 35 tahun).

Wakil Walikota Irwandi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh perguruan silat Alang Ponggongangan tersebut, dimana sejak awal pelaksanaan telah merasakan kekagumannya baik dari segi persiapan kepanitiaan maupun pada pelaksanaannya yang terlihat benar – benar siap dan matang.

“kesan saya luar biasa, mulai dari prosesi pembukaan sampai dengan penutupan hari ini berjalan dengan aman dan lancar, begitupun semangat dan rasa kebersamaan yang ditumbuhkan oleh panitia dan jajarannya sangat terasa. Kami mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan boleh dikatakan ini salah satu puncak peringatan HJK Bukittnggi yang ke 233 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2017”, ujarnya  .
 
Kemudian Irwandi juga mengingatkan kembali tentang apa yang disampaikan Walikota pada pembukaan dimana akan memberikan dukungan penuh kegiatan yang berkaitan dengan silat tradisional ini. “kita berharap untuk tahun depan kegiatan ini skalanya lebih diperluas, kalau bisa skala internasional mengapa tidak. 
Banyak hal positif yang kita dapatkan dari festival ini, ini juga akan membangun semangat daripada perguruan – perguruan silat yang lain tidak hanya di Bukittinggi tetapi Sumatera Barat”, ungkapnya.

Sementara itu ketua Pelaksana Dondi Rinaldi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bukittinggi dan jajarannya yang telah mendukung penuh kegiatan ini dan begitupun kepada sponsor – sponsor yang terlibat dan telah mensupport terlaksananya festival ini.

“suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bukittinggi yang telah mendukung penuh kegiatan ini begitupun kepada para sponsor dan semua yang terlibat demi sukses dan lancarnya festival ini”, ujarnya

Keluar sebagai pemenang pada festival silat tradisi ini untuk kategori Usia Dini, Pasangan terbaik Putra ; 1. Alang Ponggongan Tim A, 2. Baringin Marapi, 3. Alang Ponggongan Tim B, 4. SMI Balaikota, 5. 
Mambang Sari Alam Agam. Pasangan Terbaik Putri, 1. 
Baringin Marapi, 2. Ganggang Sapadi Surau Gadang, 3. 
Mambang Sari Alam Bukittinggi, 4. Alang Ponggongan Tim A, 5. Mambang Sari Alam Agam.

Kategori Pra Remaja pasangan terbak putra, 1.Alang Ponggongan Tim A, 2. Alang Hitam, 3. Mambang Sari Alam Agam, 4.Mambang Sari Alam Bukittinggi, 5. Talago Biru MTS Matur. Pasangan Terbaik Putri, 1. Mambang Sari Alam Agam,2. Alang Ponggongan B, 3. Mambang Sari Alam Bukittinggi, 4.Talago Biru Bukittinggi, 5. Silek Pandeka Kubuang 13 Simarasok.

Kategori Remaja, Pasangan Terbaik Putra. 1. Mambang Sari Alam Agam, 2. Alang Ponggongan Tim A, 3.Mambang Sari Alam Bukittinggi, 4. Gaggang Sapadi Lapau Batu, 5. 
Ganggang Sapadi Surau Gadang. Pasangan terbaik Putri, 1, Baringin Marapi, 2. Alang Ponggongan Tim A, 3.Pusako Minang Bukittinggi, 4. Alang Gunuang, 5. Perguruan Silat Angga.

Kategori Dewasa, Pasangan terbaik 1, Alang Ponggongan B, 2. Alang Ponggongan A, 3.Mambang Sari Alam Agam, 4.Pusako Minang Bukittinggi, 5. Alang Mudo.

Sebagai pasangan terbaik adalah Ridwan Rahmatul Jamil dan Hanif Tarik Yusran dari perguruan silat Ganggang Sapadi Lapau Batu dan sebagai Juara Umum adalah Perguruan Silat Alang Ponggongan Tim A. (Ylm)
                                                       
 
 

By Pilar