PILARBANGSANEWS.COM. BATANG KAPEH,–Lobby Auditorium Dr. Ir Soedjarwo, Gedung dan Area Manggala Wanabakti Jl. Gatot subroto Jakarta Pusat, Kamis pagi tadi tak kurang dipadati seribuan orang mengikuti acara penyerahan piagam penghargaan Adiwiyata kepada kepala sekolah se Indonesia, sekaligus acara Gemilang (Gebyar Generasi Muda Indonesia Bela Lingkungan).

Diantara seramai itu, ada dua orang kepala sekolah dari Kabupaten Pesisir Selatan masing masing kepala SMA Negeri I Batang Kapas, Sahrudin S.Pd dan Kepala SD No 1 Barung Barung Berlantai, Desmawati M.Pd, ikut  menerima piagam itu langsung diberikan oleh Menteri KLKH DR Siti Nurbaya Bakar.

Kepala Dinas KLKH Pesisir Selatan, Ir Nelly Armidha MM, juga hadir sebagai tamu undangan menyaksikan acara penyerahan piagam Adiwiyata dan Gemilang itu.
Berita terkait klik disini;

SMA N 1 Batang Kapeh Dapat Piagam Penghargaan Adiwiyata



Ribuan peserta penerima piagam dan peserta Gemilang menganakan busana kuning kuning dengan kombinasi bis hijau. Warna kuning melambang kejayaan sedang hijau merupakan lambang Kementerian Kehutanan.

Kalau kuning digabung dengan hijau itu bisa dimaknai  dengan hutan kita bisa jaya. Indonesia memiliki hutan tropis menjadi paru parunya dunia. 

Jutaan hutan tropis Indonesia kian hari bertambah berkurang akiat telah dirusak oleh oknum tak bertanggung, belum lagi areal hutan yang dijadikan sebagai lahan perkebunan. 
Jika hutan tidak dirawat dan dipelihara dengan baik, maka sipemilik harta anak cucu kita tidak akan dapat mewarisinya kelak. Untuk menjaga dan melastarikan hutan harus semua pihak terlibat. Salah satu cara yang dilakukan Kementerian LKH melibatkan peserta didik dengan meluncurkan program penilaian Adiwiyata ini.

Diharapkan dengan program pemberian reword (penghargaan) dapat memacu semangat warga sekolah ikut menjaga dan melestarikan hutan swcara terprogram terencana dan berkesinambungan.

(YY)  

 

By Pilar