PILARBANGSANEWS. COM. PAINAN,– Menyambut malam pergantian tahun baru 2018, dua objek kawasan wisata Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), yakni pantai Carocok dan puncak Bukit Langkisau di perediksi bakal diserbu ribuan masyarakat yang datang dari berbagai daerah.

Seperti tahun sebelumnya, dua kawasan strategis ini, selalu menjadi tempat berkumpulnya para pengunjung dari berbagai kalangan. Kebiasaan masyarakat yang sudah menjadi agenda tahunan ini, akan memeriahkan penyambutan tahun baru dengan cara meniup terompet, membakar petasan dan kembang api yang berwarna warni.

Kapolres Pessel AKBP Fery Herlambang, SIK mengatakan, untuk pengamanan pihaknya akan menurunkan sebanyak 150 orang personil yang dibantu oleh jajaran TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinkes. Terkait kondisi itu, pihaknya tetap menghimbau agar masyarakat yang ingin memeriahkan perayaan tahun baru, tetap waspada dan berhati-hati terhadap bahaya petasan dan kembang api yang memiliki daya ledak tinggi, pasalnya sangat berbahaya terhadap keselamatan diri sendiri maupun orang lain.
 
“Kepada pedagang musiman tetap diminta untuk tidak menjual petasan yang memiliki daya ledak tinggi tanpa izin. Selanjutnya dalam menyambut perayaan tahun baru, diminta kepada masyarakat atau pengunjung jangan melakukan perbuatan yang melanggar hukum atau hal-hal negatif, yakni mengkonsumsi narkoba, miras atau membawa senjata tajam. Jika kedapatan ada oknum yang melakukan hal demikian, maka akan kita tindak tegas dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegas Kapolres. Jumat (22/12).

Lebih lanjut dikatakan, untuk pengamanan dilapangan, pihaknya juga akan menertibkan aksi ugal-ugalan kendaraan dijalanan. Dalam menyambut tahun baru, lanjut dia, tidak ada aksi kebut-kebutan, sebab akan mengancam keselamatan pengguna jalan serta bahaya terhadap diri sendiri. Disisi lain, kondisi itu juga akan menggangu serta meresahkan masyarakat lingkungan sekitar.

“Demi terwujudnya perayaan tahun baru yang aman dan tertib, serta terbebas dari segala ancaman dan gangguan Kamtibmas, maka kita juga meminta pengawasan orangtua agar anak-anak kita tidak terjerumus kepada perbuatan yang melanggar hukum. Sebab, generasi muda sangat peka dan sangag mudah terpengaruh akan budaya lingkungan yang kurang sehat,” ajak Kapolres. (h/kis)

Poto, Kapolres Pessel AKBP Fery Herlambang SIK saat ditemui diruangannya. (Okis Mardiansyah). 

By Pilar