PILARBANGSANEWS. COM. PADANG,– Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar meluncurkan aplikasi e-Sumbarmembaca agar para pembaca bisa mengakses buku melalui aplikasi tersebut. Aplikasi itu sudah bisa download melalui play store sejak hari ini. Sebanyak 374 judul buku yang sudah tersedia dalam aplikasi tersebut.

Kelapa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis mengatakan, aplikasi tersebut merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan buku bacaan, serta bertujuan menumbuhkan minat baca masyarakat Sumbar dan kelanjutan dari program gerakan sumbar membaca yang telah dimulai sejak 24 Februari 2017 lalu.

“Kami berupaya agar Aplikasi ini bisa menumbuhkan minat baca masyarakat, berbagai upaya kami lakukan agar buku semakin dekat dengan para pembaca. Tinggal buka Android bisa langsung baca buku” ungkap Alwis, kepada wartawan Klikpositif, Jumat, 29 Desember 2017 di Padang.

Untuk koleksi buku kata Alwis, kedepan akan terus ditambah, saat ini bermacam-macam buku telah tersedia mulai buku agama, kesehatan, pendidikan dan olahraga. Tampilkan buku dalam aplikasi dapat dibaca dalam bentuk Pdf.

“Kami target semua buku yang ada di pustaka daerah saat ini bisa dimasukkan dalam aplikasi e-Sumbarmembaca. Prioritas hasil karya penulis anak negeri atau karya penulis kita,” tuturnya.

Dijelaskannya, perpustakaan sudah punya e- Book dan website, namun hanya bisa diakses di pustaka saja, untuk itu dilakukan inovasi agar buku bisa diakses dimana saja dalam artian pembaca tidak harus ke pustaka.

“Direncanakan e-Sumbarmembaca akan dilaunching saat kegiatan Hari Pers Nasional (Nanti), namun sebelum launching aplikasi ini sudah bisa digunakan,” tutur Alwis.

Ditambahnya, anggaran untuk aplikasi tersebut sebesar Rp1,6 Miliar lebih, digunakan untuk 9 item kegiatan mulai dari pemantapan tenaga atau petugas pustaka yang akan mengoperasi aplikasi hingga pembuatan aplikasi.

“Petugas juga harus bisa dan punya keahlian dalam mengelola e-Sumbarmembaca ini kedepannya. Kemudian kami tentu berharap masyarakat semakin banyak dan mudah mengakses aplikasi ini,” tukasnya. (Rel)

By Pilar