Ketua TPPKK Pesisir Selatan, Sumbar Lisda Rawdha sedang menuangkan susu jagung ke gelas gelas kaca 



PILARBANGSANEWS. COM. SURANTIAH,—- Hari Sabtu (30/12) Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni dan istrinya Lisda Rawdha diundang oleh pemuda Surantih untuk membuka Alek Gadang Nagari (kenduri besar Nagari).

Belum diperoleh informasi  apa tujuan dan apa yang hendak dicapai dari digelarnya  alek Nagari itu. Namun dari postingnya Ketua TP-PKK Pessel, Sumbar, Lisda Rawdha di akun Facebooknya, pada alek Nagari itu banyak ditampilkan berbagai kuliner. Salah satu minuman terbuat dari bahan jagung, namanya susu jagung.

Produksi susu biasanya kita kenal berasal dari mame, ada susu Sapi, susu Kambing, Susu  monyet. Untuk konsumsi bayi manusia susu yang paling dianjurkan adalah ASI (Air Susu Ibu) selain sehat dan sangat banyak mengandung zat yang dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi, ASI tidak mahal, karena diproduksi secara alami oleh seorang ibu ketika habis melahirkan bayinya.

Lalu jagung kenapa ada susu, sementara jagung itu adalah berupa tananam palawija, bukan seekor binatang mamalia. Apakah ada tanaman palawija memiliki mame seperti binatang mamalia? Jawabannya tentu tidak.  Susu jagung hanya sebuah nama minuman yang berbahan baku jagung.

Di Suwantiah ( sebutan terhadap nagari Surantih oleh orang Batang Kapeh-pen) minuman ini disuguhkan kepada tamu undangan dari kabupaten, bupati dan  rombongan, termasuk ketua TP-PKK Pessel.

Ketua TP-PKK Pessel, Lisda Rawdha, mengapresiasi hasil produksi susu jagung yang disuguhkan kepadanya. Bahkan Lisda Rawdha berjanji akan mencoba memberikan pelatihan kepada para anggota PKK di Nagari Suwantiah, bagaimana mengemas susu jagung ini agar bisa dipasarkan menjadi salah satu alternatif minuman segar hasil produksi di Pesisir Selatan.

Jika kita kaitkan dengan  banyaknya jumlah destinasi Wisata yang ada di Pesisir Selatan,  program pemerintah Pesisir Selatan kedepannya, tidak lagi hanya  fokus bagaimana melengkapi fasilitas sarana dan prasarana di lokasi destinasi Wisata. Akan tetapi bagaimana agar masyarakat di Pesisir Selatan terpacu untuk merintis usaha memproduksi minuman atau kuliner dengan bahan baku lokal, sehingga dapat bersaing dengan minuman botol yang telah merambah sampai ke pelosok desa. 

Para Wisatawan akan banyak mengunjungi destinasi wisata di Pesisir Selatan, namun alangkah ruginya kita jika hanya sebagai pengecer minuman berbagai merek. Kenapa kita tidak mencoba memotivasi warga untuk memulai merintis usaha rumah tangga seperti susu jagung ini. 

Produksi saja tentu tidak cukup tanpa ada kemasan (packing) yang menarik serta jaminan kesehatan dari hasil produksi minuman itu. Disinilah Pemda Pesisir Selatan akan tampil membantu masyarakatnya.

Cara Membuat Susu Jagung.
Berikut dijelaskan cara membuat susu jagung.
Bahan:

100 g jagung manis pipilan

750 ml susu cair

150 g gula

10 cm kayu manis

½ sdt garam

Cara Membuat:

Di dalam blender, haluskan jagung manis dengan 500 ml susu.

Masukkan adonan jagung dan sisa bahan ke dalam panci, masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga agak mengental (15 menit). Angkat, sisihkan kayu manisnya.

Sajikan hangat. (f)

Untuk: 6 porsi`

Resep dari Femina

Jika bunda ingin varian rasa bunda bisa tambahkan essens/bahan alami sesuai selera, kalau saya paling suka di kasih jahe bikin hangat di badan

Selamat mencoba….. (YY)

By Pilar