PILARBANGSANEWS.COM, DHARMASRAYA – Seiring berjalannya waktu, tanpa terasa 14 tahun telah berlalu. Tepatnya tahun 2003 silam, secara Defacto Kabupaten Dharmasraya secara resmi mekar dan punya hak otonom penuh sekaligus melengkapi 19 Kabupaten/Kota dalam wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat. 

Tak pelak, tonggak sejarah yang tidak akan pernah terlupakan ini selalu dihiasi dengan berbagai atraksi, lomba dan kegiatan-kegiatan sebagai mana layaknya sebuah pesta rakyat. Tak terkecuali Kabupaten Dharmasraya, dibawah duet kepemimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE dan H. Amrizal Dt. Rajo Medan, S.Sos, pesta rakyat ini sudah ditabuh sejak bulan Desember 2017 lalu dan ditenggat rampung pada 7 Januari 2018 mendatang.

Pameran pembangunan yang bakal digelar di Arena Parkir Dharmasraya Sport Center di Nagari Koto Padang Kecamatan Koto Baru merupakan salah satu agenda utama yang akan berlangsung tanggal 4 -7 Januari 2018 diprediksi akan banyak dikunjungi oleh warga Dharmasraya dan sekitarnya.

Pada momentum tersebut, sebagai bagian dari Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Dinas Pertanian menampilkan Bazaar Murah produk pertanian dan olahannya. Adapun produk yang akan dipasarkan meliputi bahan makanan pokok berupa minyak goreng, gula pasir dan telur ayam ras.

Harga yang ditawarkan kepada pengunjung jauh dari harga pasaran, pembeli cukup membeli kupon menurut keinginkan dan menukarnya dengan produk yang ditawarkan. Untuk minyak goreng refill (isi ulang) satu liter ditawarkan Rp. 8.000,-/liter, gula pasir dipatok Rp. 8.000,-/kg dan telur ayam ras dapat ditebus dengan harga Rp. 30.000,-/tray (lapik). Harga yang ditawarkan ini jauh dibawah harga pasaran dan diharapkan melalui pola ini dapat menarik animo masyarakat luas untuk berkunjung ke Stand Dinas Pertanian sekaligus mendapatkan informasi berkaitan dengan program yang tersedia dan lebih dekat dengan petani dan masyarakat pada umumnya, demikian disampaikan oleh Koordinator Bazaar Murah, Martin Effendi HS, S Hut, MM disela-sela persiapan program pro rakyat ini di stadion kebanggaan masyarakat Dharmasraya, Selasa (2/1).

 ” Dihari ulang tahun Dharmasraya tahun 2018 ini, kita ingin memberikan aksi nyata bagi masyarakat melalui Bazaar Murah dan dihimbau untuk memanfaatkan kesempatan langka ini, dan ingat…hanya ada di Stand Dinas Pertanian” tandas Kepala Bidang Perkebunan ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Darisman, S.Si, MM menjelaskan bahwa Bazaar Murah ala Pertanian ini merupakan salah satu program unggulan yang dirilis setiap tahun, namun pelaksanaan program serupa pada tahun-tahun sebelumnya hanya dilakukan pada saat menjelang lebaran. Namun untuk tahun 2018 ini akan dikembangkan lagi, baik kuantitas maupun frekwensinya. 

Bazaar Murah tahun 2018 direncanakan sebanyak 4 kali yakni pada saat Ulang Tahun Kabupaten Dharmasraya, Kemah Bakhti Pertanian, menjelang Idul Fitri dan HUT RI dibulan Agustus mendatang. ” Melalui kegiatan ini, Dinas Pertanian tidak hanya dekat dengan petani semata, tapi masyarakat luas pada umumnya demi mewujudkan Dharmasraya yang mandiri dan berbudaya” tandasnya seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak seperti PT. Incasi Raya Group atas terselenggaranya kegiatan ini.

Ayo buruan…..kunjungi Stand Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya dari tanggal 4 -7 Januari 2018 di Komplek Parkir Dharmasraya Sport Center…..!!!!

(nofsan)

By Pilar