.

Polresta Pekanbaru Ikuti Kegiatan Antisipatif Penyebaran Virus Difteri


PILARBANGSANEWS. COM. PEKANBARU,– Tugas polisi itu tidak hanya sebatas menangkap penjahat, atau berhubungan dengan tindak kriminal saja, akan tetapi sangat luas apabila pimpinan mau berkegiatan, seperti kegiatan yang dilakukan oleh Polres Pekanbaru ini, mengadakan sosialisasi  pencegahan wabah penyakit Difteri kepada anggota Bhabinkamtibmas dan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Jajaran Polresta Pekanbaru.


Sosialisasi ini  dibuka oleh Kapolresta Pekanabaru Kombes Pol Susanto, S.I.K., S.H., M.HH, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg. Helda Suriani Munir, M.Kes, Kasat Binmas AKP Sunarti, para Bhabinkamtibmas dan para Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Jajaran Polresta Pekanbaru.


Kegiatan ini dilaksanakan  menyikapi keresahan terkait dengan wabah difteri dan mematikan yang mulai merambah keseluruh Provinsi yang ada di Indonesia bukan tidak mungkin masuk ke wilayah Pekanbaru.

Kejadian yang terjadi dibeberapa daerah menjadi perhatian serius terhadap virus difteri sehingga menimbulkan kekhawatiran di masyarakat yang tidak bisa dianggap remeh, karena selain sudah memakan banyak korban jiwa yang kebanyakan dari kalangan balita dan anak- anak.

“Kita dari Polresta Pekanbaru  bekerjasama dengan Dinkes Kota  mengadakan sosialisasi sekaligus mengumpulkan bhabinkamtibmas agar bisa langsung menyampaikan kepada masyarakat terhadap penyakit difteri ini yang banyak menjangkit anak anak ,dan bisa mengatasi penyakit ini dengan cara memberikan vaksin atau imunisasi terhadap anak anak secara rutin ” ungkap Kapolresta Pekanbaru.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg. Helda Suryani Munir, M.Kes., menyampaikan bahwa penyakit difteri ini ialah penyakit yang mayoritas sering menjangkiti anak-anak  dan bisa menularkan dengan cara kontak langsung terhadap orang yang terkena penyakit.

Penyebaran bakteri, dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri. Ada sejumlah cara penularan yang perlu diwaspadai, seperti terhirup percikan ludah penderita di udara saat penderita bersin atau batuk dan barang-barang yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, contohnya mainan atau handuk.

“Saya berharap mari kita atasi dengan cara melakukan imunisasi atau penyuntikan vaksin  kepada anak anak kita di Puskesmas atau Posyandu terdekat yang secara rutin dilakukan, mari kita jaga kesehatan kita mulai dari sendiri dan kelurga kita agar terhindar dari penyakit ataupun bakteri yang dapat membuat tubuh kita terserang dari penyakit  ,” kata Drg. Helda Suryani Munir, M.Kes.(Humas Resta PKU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *