PILARBANGSANEWS. COM. INHIL,- Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony Putra, S.I.K, M.H mengatakan, Memorandum of Understanding antara Polri bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Desa,  tujuannya bukan untuk  mencari cari kesalahan kepala desa bersama perangkatnya dalam pemanfaatan dana desa, tetapi bagaimana agar pemanfaatan dana desa dapat benar benar mencapai sasaran dalam meningkatkan pembangunan di pedesaan.

“Peran polisi khususnya Kapolsek dan Bhabinkamtibmas adalah membantu bukan mencari cari kesalahan kepala desa dan perangkatnya,” kata kapolres Indragiri Hilir Christian Rony Putra, S.I.K, M.H saat memberikan arahannya dalam  kegiatan sosialisasi pengelolaan dana desa yang ditujukan kepada Kapolsek, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa se Kabupaten Indragiri Hilir.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Aula Bhakti Rekonfu ini, Senin, 8/1/2017. Dihadiri Kasi Datun Kejari Indragiri Hilir Budhi Santoso, S.H, Ketua Komisi I DPRD H.M. Yusuf Said, S.E, M.M, H. Bastian, S.E, M.M, dari Inspektorat dan Yulida Purba, S.E, M.H dari Dinas PMD.

Menurut  Kapolres, para Kapolsek juga diminta untuk mengarahkan Bhabinkamtibmas dapat membantu Kepala Desa dalam membuat pertanggungjawaban keuangan. Namun Kapolres mengingatkan jajarannya, untuk tidak main mata dan bersama – sama melakukan penyimpangan. Jika itu terjadi berarti gagal lah rencana pemerintah melibatkan aparat kepolisian agar dana desa ini benar benar dapat menyentuh pembangunan masyarakat di pedesaan.

“Jangan ada Bhabinkamtibmas karena bermain mata dengan aparat pemerintahan desa ikut terlibat menyalahgunakan dana desa. Jelas tindakan itu akan   berhadapan dengan hukum,” tegasnya.

Kapolres berharap agar Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, dapat menjalankan tugasnya sehingga jika terjadi potensi konflik terkait dana desa, bisa diatasi ditingkat bawah lebih dahulu.

Kepada Kepala Desa, Kapolres meminta untuk tidak melakukan penyimpangan, baik dengan proyek fiktif ataupun mark up anggaran. Diharapkan sinergi yang baik antara aparat terkait, akan membuat pembangunan di pedesaan bisa berjalan dengan baik.

Sependapat dengan Kapolres, Ketua Komisi I DPRD, menyambut baik sosialisasi yang diprakarsai Kapolres ini. Ini adalah suatu kemajuan yang signifikan, sehingga penyimpangan atau keteledoran karena ketidaktahuan, bisa dicegah lebih dini. (Humas Res INHIL)

By Pilar