Jawa Timur

Polwan Ipda Gawik Wahyuti Mencoba Polisi Dari Ditakuti Menjadi Sahabat


PILARBANGSANEWS. COM. KEDIRI — Paradigma orang tua yang sering menggunakan kalimat “kalau nakal nanti ditangkap Polisi” membuat sebuah beban psikologis yang berujung pada ketakutan bagi anak kepada aparat penegak hukum itu.

Menyikapi fenomena tersebut Ipda Gawik Wahyuti, Kanit Binmas Polsek Kandat Polres Kediri mencoba mengubah paradigma  keliru tersebut dengan melaksanakan program Polisi Sahabat Anak yang dilaksanakan di PAUD Al Kautsar di Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, (9/1/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh siswa PAUD dan wali muridnya tersebut bertujuan untuk mengubah rasa takut anak kepada Polisi menjadi rasa hormat dan sayang. Selain itu pesan-pesan kamtibmas, kekerasan seksual terhadap anak, bahaya narkoba, penculikan anak, dan tertib lalu lintas juga di masukan dalam materi kegiatan tersebut.

Penyampaian materi yang dilakukan secara humanis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak, diharapkan bisa mengubah sudut pandang negatif anak kepada petugas Kepolisian.

“Menumbuhkan kecintaan kepada Kepolisian memang harus ditanamkan sejak dini, sebagai salah satu implementasi dalam mewujudkan kepercayaan masyarakat kepada Polri” tutur Ipda Gawik Wahyuti, Kapolsek Kandat melalui Kasi Humas Bripka Sugianto menambahkan.

Bahwa pihaknya sengaja menugaskan personil Polwan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dikarenakan naluri keibuan yang dimiliki oleh setiap personil Polwan mampu memahami sisi psikologis anak. Diakhir kegiatannya, Ipda Gawik Wahyuti membagikan buku tulis kepada siswa PAUD Al Kautsar sebagai salah satu sarana penunjang kegiatan belajar siswa.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepolisian khususnya Polsek Kandat Polres Kediri atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada siswa kami” ucap Ibu Mamik Agustyani, kepala yayasan PAUD Al Kautsar. ***

( Opr | Res-Kediri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *