PILARBANGSANEWS. COM. MEDAN,–Sukses di perantauan, para perantau asal Padang Gantiang, Tanah Datar, mengundang Wabup Tanah Datar Zuldafri Dharma ke Medan. Selain untuk mengukuhkan Padang Gantiang Sakato (PGS), juga untuk  membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha Palano Jaya. Acara tersebut digelar di ruang serbaguna restoran Garuda Adam Malik Medan, Minggu (21/1/2018).

Seperti yang dilaporkan Humas Tanah Datar, Acara  turut dihadiri Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retry Zuldafri dan Kabag Humas dan Protokol Syahril juga dihadiri Kadis Koperasi dan UKM Medan, ketua IKLB Provinsi Sumut dan  diikuti ratusan perantau.

“Kita pemerintah KabupatenTanah Datar berikan apresiasi kepada organisasi perantau PGS Medan yang telah bersatu untuk membentuk koperasi dengan mengedepankan rasa kekeluargaan yang tinggi di rantau”, kata wabup Zuldafri.

“Menjadi istimewa bagi saya, tidak hanya melantik pengurus perantau yang baru juga membuka RAT Koperasi perantau sebagai wujud nyata maju bersama-sama dengan prinsip kekeluargaan dan gotong royong,” ujarnya.

Zuldafri menyampaikan, masyarakat kita yang berada di rantau juga tidak seluruhnya berhasil, dengan adanya koperasi inilah bisa menggilirkan modal melalui pinjaman koperasi, ungkap wabup.

Wabup juga tambahkan perantau mempunyai peran penting sebagai salah satu pilar dalam pembangunan selain pemerintah dan masyarakat, untuk itu pemerintah daerah  ke depan akan selalu menjalin hubungan baik dengan perantau. “Kita akan terus bina hubungan baik dengan perantau, sehingga tetap ingat kampung halamannya dan berperan aktif membantu pembangunan,” terang wabup.

Di akhir sambutannya, Wabup Zuldafri,  menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus PGS Medan  dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar di perantauan, khususnya di PGS Medan mau berperan aktif mendukung pemerintah kota Medan dan kepada pengurus Koperasi Palano Jaya laksanakan kegiatan koperasi ini dengan menjunjung rasa kekeluargaan, pungkasnya.

Sementara itu Ketua Komisariat Perantau PGS Medan dan sekaligus pengurus koperasi Palano Jaya  Ir. Jalinus sampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kepada kami di rantau dan kami di rantau juga tidak akan lupa dengan kampung halaman, ungkapnya.

Jalinus didampingi bendahara Koperasi Palano Jaya Delfita Hendri mengatakan koperasi Serba Usaha Palano Jaya sudah berdiri dari tahun 2007 lalu sampai saat ini sudah memiliki anggota sebanyak 104 anggota dengan  nilai modal sebesar Rp 1,7 miliar, ungkapnya.

“Alhamdulillah berkat kegigihan bersama dalam menjalankan koperasi ini, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Koperasi dan  UKM memberikan bantuan hibah berupa dana usaha dan yang terakhir ini bantuan audio visual sebanyak 10 unit dan untuk SHU tahun 2017 pada RAT yang ke 10 tahun ini sebesar Rp 241 juta, pungkasnya.

Salah satu anggota Hendri mengatakan dengan bergabungnya dengan koperasi secara aktif dalam enam bulan saya sudah bisa meminjam modal untuk menjalankan usaha fotocopy. “Kami sangat terbantu dengan adanya koperasi dari persatuan masyarakat Padang Ganting yang berada di kota Medan, dan itupun tanpa agunan,” ungkapnya.(bw)

By Pilar