PILARBANGSANEWS. COM. PADANGPANJANG,– Tahun 2017 telah berlalu, banyak prestasi gemilang telah ditorehkan oleh Pemda Kota Padang Panjang di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota H. Hendri Arnis BSBA dan dr. Mawardi Samah.

Bagaimana tidak, selama tahun 2017 kemarin, belasan prestasi telah di raih kota berjuluk  Serambi Mekkah ini, mulai dari penghargaan di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional.

Penghargaan yang diraih dan membawa harum nama Kota Padang Panjang juga bervariasi, ada mengenai pendidikan, pemuda, olah raga, kesehatan, kebersihan, budaya dan berbagai bidang lainnya.

Seperti dilaporkan pasbana. com, beberapa waktu lalu, Walikota Padangpanjang H. Hendri Arnis BSBA, mengatakan, prestasi dan penghargaan yang diterima kota berhaea sejuk itu,  harus dipertahankan, dan prestasi ini juga harus ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya.

“Ini merupakan apresiasi dari pemerintah pusat kepada kita semua dalam  menjalankan roda pemerintah di kota ini,  dan ini perlu kita pertahankan dan tingkatkan, semoga prestasi ini dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya,” jelas Hendri Arnis.

Hendri Arnis menambahkan, penghargaan Swastisaba Wistara atau Kota Sehat merupakan penghargaan terakhir yang didapat selama tahun 2017, yang diterima di Jakarta pada Selasa 28 November 2017. Dan penghargaan ini merupakan yang keempat diterima Padang Panjang sejak tahun 2011.

“Kota sehat merupakan suatu kondisi dari sebuah kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni oleh penduduk disekitarnya. Dan Kota Padang Panjang adalah salah satu kota yang berhasil menciptakan suasana tersebut. Dan ini kali keempat Padang Panjang mendapatkan penghargaan tertinggi sebagai kota sehat, semoga kedepannya Kota Padang Panjang lebih sehat dan lebih maju lagi dari ini,” papar Hendri Arnis.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Nuryanuwar mengatakan Kota Padang Panjang telah mengadopsi program kota sehat sebagai program yang diharapkan dapat memadukan berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui OPD, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

“Kota Padang Panjang pada tahun 2009 juga menerima penghargaan Swastisaba Wiwerda, dan pada tahun 2011, 2013, 2015, dan 2017 ini Kota Padang Panjang menerima penghargaan Kota Sehat dengan kategori Swastisaba Wistara atau penghargaan tertinggi,” terang Nuryanuwar.

Selam tahun 2017, Kota Padang Panjang berhasil meraih penghargaan sebanyak 16 penghargaan, dan beberapa penghargaan tersebut langsung diterima walikota.

 

 

Beberapa penghargaan yang langsung diterima Walikota Hendri Arnis diantaranya : 

1. Wahana Tata Nugraha (WTN) pada Selasa 31 Januari 2017 di Jakarta.

2. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Jumat 3 Juni 2017 di Kantor BPK RI 

Perwakilan Sumatera Barat di Kota Padang.

3. Kota Layak Anak pada Sabtu 22 Juli 2017 di Ballroom Hotel Swiss – Bel Pekanbaru, Riau.

4. Piala Adipura pada Rabu 2 Agustus 2017 di Auditorium Menggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

5. Rumah Sakit Paripurna pada Rabu 1 November 2017 di Sekretariat Komisioner KARS, Epi Sentrum Tower Kuningan, Jakarta.

6. Daerah Tertib Ukur pada Senin 4 November 2017 di Bandung.

7. Swastisaba Wistara pada Selasa 28 November 2017 di Jakarta.

Dan beberapa penghargaan lainnya yang diterima Kota Padangpanjang selama tahun 2017, diantaranya :

1. Lomba Oliq Tingkat Nasional pada Januari 2017 di Bandung, diterima oleh Derliana, MA.

2. Pastika Prama pada Rabu 12 Juli 2017 di Hotel Alana Convention Centre, Yogyakarta, diterima oleh Drs. Nuryanuwar, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang).

3. Pemuda Pelopor Bidang Seni, Budaya dan Pariwisata Tingkat Nasional pada Oktober 2017 di Jakarta, diterima oleh Yuliza Zein.

4. BKKBN Pusat pada Senin 23 Oktober 2017 di Gedung Hoeridjah Adam ISI Padangpanjang, diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Indra Gusnady.

5. Pekan Olah Raga dan Seni Antar Madrasah Tingkat Sumbar pada Rabu 25 Oktober 2017 di Bukittinggi, yang diterima oleh Eri Katik Majo Endah.

6. Putri GenRe Jalur Masyarakat pada Kamis 26 Oktober 2017 di Gedung Hoeridjah Adam ISI Padangpanjang, diterima oleh Zikril Husna.

7. Kihajar pada Kamis 16 November 2017 di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta, diterima oleh Prof. DR. Desmon, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Padangpanjang).

8. Robotik Tingkat Nasional pada Sabtu 18 November 2017 di Politeknik Negeri Padang, diterima oleh MA KMM Kauman.

9. Rekor MURI Cangkuak pada Minggu 26 November 2017 di Jalan Sudirman depan Kompi Markas Secata B Padangpanjang, diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Indra Gusnady.

Tambah Hendri Arnis, semua penghargaan yang di peroleh ini semata-mata karena kerja keras seluruh OPD dan dukungan dari masyarakat dalam membangun dan memajukan kota yang berhawa sejuk ini.

Semoga tahun ini berbagai penghargaan kembali  diraih kota ini. (BW./ thetarget)

By Pilar