Dharmasraya, Pilar bangsa news.com –Kandang ayam milik H.Mudahar di Jorong Sungai Betung Kenagarian Koto Baru Dharmasraya, Rabu ( 24/1 ) pukul 21.30 wib hangus terbakar.

Akibat kejadian itu, 3100 ekor anak ayam dan 30 karung pakan ternak ikut jadi abu, kerugian ratusan juta rupiah.

Kabid Satpol PP dan Damkar yang lansung terjun kelokasi mengatakan, ” Diduga penyebab kebakaran berasal dari api dalam drum pemanas ayam yang mengeluarkan percikan api dan menyambar atap rumbio, ” ujar Yunisman.

H Mudahar hanya bisa berdoa melihat anak ayamnya hangus terbakar. Dia didampingi Kabid Damkar Yuniman dan Saksi Syafaruddin R

Akibat kejadian itu kerugian yang dialami pemilik kandang, ratusan juta rupiah, dengan rincian anak ayam umur satu hari senilai Rp 18.850.000, pakan ternak senilai Rp 8.250.00, kandang ayam dan perlengkapan minum ayam senilai Rp 100.000.000.

“Api dapat dipadamkan oleh pemadam kebakaran dalam waktu kurang lebih 1jam ” ujar Yunisman.

Menurut saksi mata yang juga mantan Wakil Bupati Dharmasraya Drs. Syafrudin.R, ketika pulang dari kebunnya bersama istrinya, melihat asap yang disangka dan diperkirakan ladang beliau, ternyata api muncul dan membakar kandang yang atapnya terbuat dari rumbio milik H.Mudahar.

Beruntung 2 unit Damkar Dharmasraya cepat mengatasi kebakaran, kalau tidak api merembes membakar kebun karet sekitar dan rumah pemilik nya. ( Rjl )

By Pilar