PILARBANGSANEWS. COM. KABUPATEN KUNINGAN,– Danramil 1508/Cidahu, Kapten Inf Ujang Sumisjana, Kamis (25/1) melakukan Cek Patok Tanah Aset TNI di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu daerah Kodim 0615/Kuningan Jawa Barat.

Dalam pengecekan itu, Kapten Inf Ujang Sumisjana di dampingi Babinsa Desa Cidahu Serda Abdulrahman melaksanakan pengecekan patok batas tanah TNI AD, kamis (25/01/2018).

Tanah aset milik TNI AD merupakan barang milik negara yang perlu diamankan baik dari segi fisik, non fisik dan admitrasi, tanah TNI AD yang berada di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu seluas 165.920 M², “Pengecekan patok batas tanah ini secara rutin di laksanakan pertiga bulan sekali mengantisipasi patok tersebut rusak atau hilang, permasalahan batas patok tanah sangat rawan,” kata Ujang Sumisjana disela kegiatan.

Ujang Sumisjana menambahkan, Alhamadulilah patok kondisinya masi bagus dan tidak bergeser tetep seperti semula hanya perlu dicat ulang biar kelihatan dan perlu diketahui, kegiatan pengecekan patok batas tanah milik TNI AD merupakan perintah langsung Komando agar mengecek aset – aset milik TNI AD termasuk tanah yang terletak di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu.

Untuk itu terhadap aset milik Negara perlu didaftarkan ke dalam Inventarisasi Kekayaan Milik Negara, guna menghindari penyerobotan tanah milik TNI AD dan meredam keinginan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atas Aset Tanah Milik TNI AD.

Tanah bagi TNI sangatlah penting sebagai pertahanan NKRI dalam melaksanakan kebijakan pertahanan Negara untuk mengakan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa. Untuk meralisasikan tugas – tugas tersebut, TNI harus mempunyai dukungan dari komponen pendukung yang tangguh ialah sumber daya alam Nasional.

Salah satu sumber daya alam yang dapat dipergunakan untuk kepentingan pertahanan negara adalah tanah yang merupakan aset penting untuk membangun kekuatan pertahanan yang meliputi pangkalan, tempat latihan perumahan anggota TNI dan fasilitas militer lainnya.(HJ)

By Pilar