PILARBANGSANEWS. COM. CIREBON,– Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Very Sudijanto Sudin S.I.P berbicara masalah sampah. Katanya, sampah dapat menjadi masalah pelik yang jika tidak ditangani dengan serius sampah dapat menjadi sumber pengembangbiakan penyakit.

Untuk mengubah perilaku serta kebiasaan terhadap sampah bukan hal mudah, namun harus segera dilakukan karena setiap individu masyarakat adalah penghasil sampah namun juga merupakan ujung tombak dalam hal keberhasilan penanganan masalah sampah.

“Pengelolaan sampah dianggap baik apabila sampah tersebut tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit serta sampah tersebut tidak menjadi perantara menyebarluasnya suatu penyakit,” kata Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Very Sudijanto Sudin S.I.P dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kepala Staf Korem 063/SGJ Letkol Arm wahyu Widodo S.Sos saat sejumlah anggota Korem 063/SGJ mengikuti Kegiatan Sosialisasi Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga dengan Metode M3.

Dalam pengolahan sampah ini, yang harus menjadi perhatian adalah peran serta Prajurit, PNS dan Persit harus mengerti dan mau berpartisipasi, bila perlu mengubah sikap sehingga bersedia membantu mulai dari pengurangan volume sampai perbaikan kualitas sampah, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan tempat sampah, sampai kepada penyediaan lahan dan pemusnahan sampah.

Menurut Danrem, Keterlibatan Prajurit, ASN dan Persit dilingkungan Korem 063/SGJ,
dalam pengelolaan sampah merupakan salah satu faktor untuk menanggulangi persoalan sampah lingkungan pemukiman dari tahun ke tahun yang semakin kompleks.

Diakui oleh Danrem, Pemerintah Jepang saja membutuhkan waktu 10 tahun untuk membiasakan masyarakatnya memilah sampah.

Pemanggilan sampah melalui 3M (mengurangi, memakai Kembali dan Mendaur ulang) dalam bahasa Inggrisnya
Reduce (mengurangi), Reuse (penggunaan kembali), Recycling (daur ulang), Replace (mengganti) adalah model relatif aplikatif dan dapat bernilai ekonomis.

Partisipasi Prajurit, PNS dan Persit terhadap pengelolaan masalah sampah rumah tangga sangat diperlukan, dengan cara aktif dalam membuang sampah pada tempat atau tong sampah yang telah disediakan. Sehingga dengan demikian tercipta lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman bagi masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, dalam menanggulangi sampah sudah merupakan tanggung jawab bersama dengan melakukan pengelolaan sebaik mungkin agar tercipta lingkungan yang sehat dan bersih.

“Seluruh anggota diharapkan dapat betul-betul bisa menyimak secara seksama, tanyakan hal-hal yang penting yang tidak diketahui kepada Tim sosialisasi, sehingga seluruh anggota semakin tahu dan mampu untuk mengolah sampah sehingga dapat bernilai ekonomis,” kata Danrem berpesan.

Kegiatan ini di di Hadiri Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Dan/Ka Staf Disjan, Para Ka/Pa Staf Khusus Korem 063/SGJ dan seluruh Anggota baik Prajurit maupun PNS Korem 063/SGJ beserta Dinasjawatan serta Perwakilan Anggota Persit KCK Koorcab Korem 063/SGJ PD III Siliwangi.

Penulis : Penrem063/Adi. R/Heri

By Pilar