Kalemdiklat Komjen Moechgiyarto berfoto bersama Dirkrimsus Polda Sumbar Kombespol Margiyanta

PILARBANGSANEWS. COM. JAKARTA,– Siapa yang bakal menduduki jabatan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Maret mendatang? Masih tanda tanya. Namun yang jelas Kepala BNN yang kini dijabat oleh Komjen Budi Waseso, akan kosong karena Buwas memasuki masa pensiun. Usia Buwas 58 tahun.

Muncul kepermukaan pengganti orang nomor satu di BNN. Dua nama itu adalah Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto dan Kalemdiklat Komjen Moechgiyarto. Meski belakangan nama Deputi Penindakan BNN Irjen Arman Depari juga terdegar.

Saat ditemui Kantor Berita Politik RMOLdi sela Rapim Polri di PTIK, Rabu (24/1), baik Ari Dono maupun Moechgi malu-malu ketika ditanya peluang mereka menjabat Kepala BNN. Mereka yang kebetulan saling berpapasan usai sholat Dzuhur malah saling tuding.

“Ya inilah yang paling pas,” kata Moechgi sambil menunjuk ke arah Ari Dono.

Sementara Ari juga menunjuk Moechgi dan mengatakan, “Ah bisa saja mas.” Keduanya pun lalu bersalaman.

Saat disinggung soal peluangnya, Ari Dono mengatakan dia siap ketika ditugaskan dimana saja.

“Namanya prajurit kita ikut perintah pimpinan,” tambah Ari.

Ada beberapa syarat untuk bisa duduk sebagai Kepala BNN. Yakni mempunyai pengalaman paling singkat 5 tahun dalam penegakan hukum dan paling singkat 2 tahun dalam pemberantasan narkoba. Kemudian, bersedia melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lain selama menjabat Kepala BNN.

Soal pernah memberantas narkoba, baik Ari, Moechgi dan apalagi Arman kenyang dengan pemberantasan narkoba. Ari yang duduk sebagai Kabareskrim membawahi Dir IV/Narkoba Bareskrim sementara Moecghi pernah menjabat Dir Narkoba Polda DIY.

“Kita itu baru (membawahi ) Direktorat empat (Dir IV Narkoba Bareskrim),” kata Ari Dono.

Lebih jauh, kabar beredar menyebut, jika Ari Dono jadi Kepala BNN maka bisa jadi dia akan digantikan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang juga merupakan orang reserse tulen atau jika Moecghi yang jadi, maka Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan yang akan naik menjadi Kabaharkam.[dem/rmol]

By Pilar