PILARBANGSANEWS. COM, BANDUNG – Tak seorangpun diantara yang tahu kejadian berani berusaha melerai atau memisahkan, saat KH Umar Basri (60), pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayah, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), mendapat perlakuan kasar oleh pria misterius di dalam Masjid Al Hidayah, Sabtu (27/1/2018).

Akibatnya Wajah Kiai mengalami luka berdarah darah dan kini wajah ulama ini nampak memar. Setelab Pria itu dipukuli dan sipemukul melarikan pergi entah kemana, Ceng Emon Santiong begitu kiyai ini akrab disapa, langsung dibawa ke Rumah Sakit Cicalengka.

Saat ini Ulama Cicalengka Jawa Barat ini sudah berada dalam perawatan medis di Rumah Sakit Al Islam Bandung.

Hingga kini, identitas pelaku belum teridentifikasi. Berdasar informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi pada pukul 05:30 WIB.

Ketika itu, korban selesai menunaikan salat Subuh dan zikir. Selesai salat, jemaah keluar. Di dalam Masjid Al Hidayah hanya tinggal korban dan seorang pria.

Tak lama berselang, lampu masjid dimatikan, dan diserang pria misterius itu. Pukulan tangan kosong secara bertubi-tubi mengarah ke wajah Ceng Emon Santiong.

Menurut keterangan saksi, pelaku sempat menendang kotak kayu tempat azan.

“Ini, mah, neraka. Yang di sini neraka semua,” kata saksi yang enggan namanya ditulis menirukan ucapan pelaku. Saksi sendiri merasa takut untuk mencoba melerai atau mencegah penganiayaan terhadap ulama ini.

Berdasar informasi, pelaku memakai kemeja levis dan sarung. Pelaku juga sempat mengikuti ibadah salat Subuh di Masjid Al Hidayah.

Saat ini, Polres Cicalengka masih menyelidiki kasus itu dan mengejar pelaku. (jpc/jpnn/simpulrakyat)

By Pilar