PILARBANGSANEWS. COM. KUNINGAN JABAR,– Dalam rangka mempersiapkan pengamanan tahapan Pilkada Serentak 2018, anggota Linmas dilatih cara pemakaian seragam dan latihan baris berbaris oleh Serma Tukiman Babinsa Desa Luragung Landeuh Kecamatan Luragung di aula balai Desa Luragung Landeuh, sabtu (27/01/2018).

Pembinaan dan pelatihan anggota Linmas Desa Luragung Landeuh ini diikuti kurang lebih 8 anggota Linmas dan dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Luragung Landeuh dari Polsek Luragung, Kades Desa Luragung Landeuh dan Aparat Desa serta perwakilan dari Kecamatan Luragung.

Serma Tukiman dari Koramil 1507/Luragung Kodim 0615/Kuningan berujar kegiatan ini adalah guna mempersiapkan anggota Linmas yang berada di desa Luragung Landeuh untuk pengamanan Pilkada serentak 2018 dan juga ini merupakan salah satu tugas seorang Babinsa yaitu untuk pembinaan pertahanan wilayah.

“Diharapakan setelah diadakannya latihan tata cara berpakaian seragam dan latihan baris berbaris ini, anggota Linmas dapat berpenampilan rapi dan memakai seragam sesuai dengan aturan dan memiliki sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa persatuan, rasa disiplin, dan Rasa Tanggung Jawab serta dapat dipercaya,” kata Tukiman.

Tukiman menambahkan, selain itu juga dapat bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar, patuh dan belajar untuk diam juga mengatur emosi. Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam Penanaman Disiplin dan Semangat Bela Negara.

Perlu diketahui, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri No 10 tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penangan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum. Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

(Humas/HY)

By Pilar