Photo, Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar.

PILARBANGSANEWS. COM. PAINAN,– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan telah melakukan verifikasi faktual terhadap 14 Partai Politik (Parpol) yang akan bertarung di daerah itu.

“Verifiaksi sudah kita lakukan, hasilnya dikeluarkan tanggal 2 Februari dan diserahkan ke masing-masing Parpol,” sebut Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar, di Painan. Rabu (31/1).

Menurutnya, verifikasi faktual itu terkait telah dikeluarkannya peraturan KPU nomor 5 Tahun 2018 atas perubahan peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal Pemilu 2019.

Ke- 14 Parpol yang sudah diverifikasi adalah, Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura, Nasdem, PAN, PBB, PDIP, PKB, PKS, PPP, Berkarya, Perindo, Garuda.

Berdasarkan pasal 33 peraturan KPU nomor 6 Tahun 2018 mengenai mekanisme verifikasi keanggotaan, KPU melaksanakan verifikasi persyaratan keanggotaan Parpol dengan menggunakan metode sampel, yakni dengan cara menyerahkan jumlah anggota sampai dengan 100 anggota dengan besaran sampel diambil sebanyak 100 persen serta menyerahkan jumlah anggota sebanyak lebih dari 100 anggota sehingga besaran sampel diambil sebanyak 5 persen pula.

“Jadi, KPU kabupaten hanya menjalankan tugas terkait pengurusan verifikasi dan keanggotaan yang disampaikan oleh masing-masing DPP Parpol ke KPU RI sebelumnya. Nanti apakah Parpol tersebut memenuhi syarat untuk ikut pemilu atau tidak, itu pusat yang menentukan. Jadwalnya penetapannya nanti tanggal 17 Februari,” tutupnya. (Okis)

By Pilar