PILARBANGSANEWS. COM. PADANG,– Tanah Paguruyung pusat kerajaan Minangkabau berduka. Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qorror, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti, meninggal dunia di Rumah Sakit RSUP DR. M Djamil, Padang, Kamis (1/2), sekitar pukul 20.00 WIB. M Taufil Thaib akan dimakamkan di pandam pakuburan kaum di Istano Silinduang Bulan, Jumat (2/2).

“Malam ini jenazah almarhum kami bawa ke Pagaruyung dari Padang. Para kerabat kerajaan sudah kami berikan informasi mangkatnya Daulat, mulai dari Pagaruyung, kabupaten dan kota di Sumbar, provinsi tetangga hingga negara sahabat seperti Malaysia, Brunaidarussalam dan sebagainya,” ujar Syafnir Paduko Siramo, orang besar Istana Silinduang Bulan kepada Harianhaluan.com.

Dikatakan, almarhum meninggal dalam usia lebih kurang 65 tahun dan meninggalkan satu orang istri dan dua anak yaitu Emir Hidayat seorang Dosen yang saat ini tengah menuju ke tanah air dari Bahrain dan putra sulung beliau Arif Budimansyah. Dikatakan Syafnir Paduko Siramo, untuk penggalian kuburan atau pemakaman akan dilakukan pagi besok (Jumat (2/2), setelah rembuk dilaksanakan dengan pihak-pihak yang terkait. Malam ini karib kerabat kerajaan telah ramai di Istana Silinduang bulan nenunggu jenazah. Daulat SM Taufik Thaib sebelumnya telah dirawat di M Djamil sejak tanggal 8 Januari karena menderita penyakit paru-paru. (h/fma) Editor: Rivo Septi Andries

By Pilar