PILARBANGSANEWS. COM. INDRAGIRI HILIR,— Seorang ABK (Anak Buah Kapal) dinyatakan hilang, sementara dua orang lainnya salah seorang diantara Nahkoda selamat ketika Kapal Muatan (KM) Vega Jaya GT 5 bermuatan sembako dan tabung gas elpiji, terbakar di Perairan Sungai Indragiri Kelurahan Sungai Perak Kecamatan Tembilahan, Kamis, 1/2/ 2018, sekira pukul 20.30 WIB.

Korban yang hilang bernama Icap (17 Tahun), warga Parit 8 Tembilahan, sampai berita ini dilaporkan dari Indragiri Hilir oleh korespinden Pilarbangsanews.com Heriman Putra, terhadap korban yang hilang masih sedang dilakukan proses pencairannya.

Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony, S.I.K., M.H., melalui Kasat Polairud AKP. H. Awaluddin Dalimunthe, menceritakan kronologis kejadian bermula sekira pukul 19.30 WIB, KM. Vega Jaya, yang bermuatan sembako sebanyak 15 Ton, dan tabung gas elpiji 12 Kg, sebanyak 20 tabung.

Kapal tersebut dinakhodai oleh Jamal (39 tahun) serta 2 orang ABK Rian (18 tahun) dan Icap, berangkat dari Tembilahan menuju ke PT. MGI Kecamatan Pelangiran.

Setelah 45 menit berlayar, kapal tersebut singgah di pinggir Sungai Indragiri Kelurahan Sungai Perak, karena mesin kapal mengalami kerusakan. Rian lalu menghidupkan mesin Robin, untuk menyedot air di petak kapal.

Namun hanya sesaat mesin pompa air itu hidup, tiba – tiba mesin Robin itu terbakar. Api dengan cepat membesar dan membakar kapal dan muatanya.

Personel Sat Polairud Polres Indragiri Hilir dan BPBD Kabupaten Indragiri Hilir, yang berada diperairan itu berusaha memadamkan api dan mengevakuasi anak buah kapal, namun seorang ABK bernama Icap, sampai saat ini belum ditemukan.

Nakhoda kapal, Jamal, dibawa ke RSUD Puri Husada Tembilahan, karena menderita luka bakar ringan. Sampai saat ini, pencarian terhadap korban masih dilakukan Tim SAR Gabungan Sat Polairud Polres Indragiri Hilir dan BPBD Kabupaten Indragiri Hilir.

Kerugian material diperkirakan mencapai Rp. 300.000.000,- (Tiga ratus juta rupiah). (HP)

By Pilar