PILARBANGSANEWS. COM. BATANG KAPEH,–
Banyak media yang memberitakan terutama media Online tapi yang ambo sadur adalah media Bengtengsumbar.com, yang memberitakan bahwa Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sering disingkat nama sebagai IP, menilai Presiden Jokowi adalah sosok yang sederhana.

Lanjut berita Bentengsumbar, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno menceritakan perjalanannya selama tiga hari bersama Presiden Joko Widodo selama melakukan kunjungan kerja di Sumatera Barat.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo sosok yang sederhana yang peduli terhadap masyarakat. Bentuk program yang menyentuh masyarakat kecil menjadi sesuatu yang amat berarti dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Program Kartu Indonesia Pintar, Progaram Keluarga Harapan, Rastra menjadi sesuatu yang diharapkan masyarakat kurang mampu,” cakapnya.

Dikatakan Irwan, mulai dari Dhamasraya, Solok, Sawahlunto, dan Tanah Datar masyarakat antusias menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo.

“Kami bangga kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang amat memperhatikan masyarakat, menyapa dan menyalami masyarakat dengan rasa akrab seakan-akan tidak ada batas,” pungkasnya.

Untuk, ia atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo.

“Semoga Indonesia di bawah kepemimpinan Pak Jokowi semakin lebih baik lagi,” ungkap Gubernur Irwan Prayitno, demkkian Bentengsumbar.com memberitakan.

APA ARTI MOKASIH

Kemudian Tempo.co memberitakan: Ketua PWI Margiono bercerita, bahwa saat menginjakkan kaki di Sumatera Barat, Ia melihat begitu banyak baliho dan spanduk sambutan acara HPN 2018. “Luar biasa banyaknya ucapan selamat datang dan terima kasih, banyak saya lihat bertuliskan mokasi,” katanya, Jumat, 9 Februari 2018.

Margiono mengaku, bertanya ke Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, arti dari “Mokasi”. Irwan pun, katanya, menjelaskan bahwa arti dari Mokasi adalah Terima Kasih.

“Bukan mau kasih ?” kata Margiono. “Nah bisa juga itu,” katanya menirukan jawaban dari Irwan Prayitno.

Kepada Gubernur, Margiono pun mengatakan, “Kalau Bapak Presiden sudah kasih ke Sumbar (Sumatera Barat), Sumbar kasih apa? kasih aja bapak presiden suara yang banyak untuk 2018.” Selorohan dari Margiono ini sontak memicu gelak tawa dari peserta acara.

PAK IP MOKASIH APA?

Dari kedua berita diatas apakah ada makna yang tersirat? Dan apakah bisa dihubung-hubungkan? Pujian IP pada Jokowi dengan arti Mokasih?

MOKASIH kata IP menjawab pertanyaan Margiono, artinya Tarima Kasih. Semua orang Minang akan membenarkan memang itulah arti dari Mokasih.

Herannya kita, kenapa ketika Margiona mengatakan “bukankah Mokasih itu artinya Mau Kasih”. IP juga membenarkan.

Sekalipun dalam kamus Besar Bahasa Indonesia tidak akan ditemukan arti Mokasih itu sama dengan Mau Kasih. Ini sebuah penjelasan yang dapat menimbulkan keterangan hoax.

Jangan sampai dituduh begitu, kalau IP menjawab Mokasih = Mau kasih. Bisa jadi sebuah jawaban berseloroh dalam keadaan bagageh sekedar menghibur tamu.

Didunia ini banyak hasil yang serius berawal dari tindakan yang berseloroh.

Dalam tulisan ini saya pun ingin berseloroh, tumben pak IP muji muji Jokowi, apo mau terima Mokasih dari Jokowi? Mengingat pak IP sudah dua x priode..

Bisa jadi… yang jelas jika Pak IP jadi menteri bagusnya memimpin Kementerian Pariwisata. Sebab berpengalaman juga sering keluar negri… Seandainya nanti benar, maka dunia pariwisata Sumbar akan berkembang menjadi pariwisata modren yang ABS-SBK ( Adat berdansikan Syara’, Syara’ Basandikan Kitabullah) Insya Allah…(*)

By Pilar