Internasional

Burmalis Ilyas Perantau Pessel Punya Mimpi Kuliner Minang Go Internasional

PILARBANGSANEWS. COM. BELGIA ,– Perantau asal Pesisir Selatan memiliki nama Burmalis Ilyas ini, betul-betul serius mewujudkan mimpinya bagaimana kuliner Minang go internasional. Agar mimpinya itu cepat terimplementasi, Burmalis keliling Eropa menemui perantau Minang. Liburan kali ini sebagian besar dimantmfaatkannya untuk diplomasi kuliner Minang.

Novermal Yuska lewat medianya Jurnalsumbar.com menulis perjalan keliling Burmalis Ilyas, sehabis dari Den Haag Belanda, Burmalis yang juga Direktur Eksekutif Jaringan Perantau Minang Dunia (Minang Diaspora Network Global) ini, melanjutkan silaturrahminya dengan Diaspora Minang yang ada di Belgia. Di sana Burmalis bertemu dengan Uni Eni Yusnaini yang datang dari kota Gent dan Uda Rully, dan Fadil yang tinggal di kota Antwerpen Belgia.

Dalam Pertemuan tersebut mereka membahas potensi resto Minang di Belgia. Ternyata Uda Rully pernah membuka resto di Antwerpen, namun usahanya kemudian tidak dilanjutkan karena berbagai hal.

Burmalis Ilyas bertemu dengah Uda Fauzi dan Istrinya Uni Yuli yang punya usaha Katering masakan Padang, dan Uni Aline Joy yang punya usaha cafe di kota Cologne, Jerman.

Uni Eni Yusnaini saat ini sudah mulai membuka usaha katering di Gent Belgia, dan siap bekerjasam dengan tur travel yg membawa wisatawan ke Belgia.

Belgia termasuk salah satu kota destinasi wisata alternatif bagi masyarakat Indonesia sebagai pusat “Kota Berlian”.

Setelah silaturrahmi di Belgian, Burmalis kemudian melanjutkan liburannya ke kota Koln (Cologne), Jerman. Disana Burmalis bertemu dengah Uda Fauzi dan Istrinya Uni Yuli yang punya usaha Katering masakan Padang, dan Uni Aline Joy yang punya usaha cafe di kota Cologne.

Dalam pertemuan tersebut diharapkan agar perantau Minang yang ada di Eropa mau mencoba membuka usaha di bidang kuliner dan lain-lainnya. Di Koln ada juga urang awak yang buka resto namun juga ditutup dan dijual ke orang lain cerita Uda Fauzi, dan ini menjadi PR besar semua urang awak.

Setelah menjelajahi lebih kurang 6 negara di Eropa, Burmalis melihat ada peluang dan optimisme Resto Minang bisa hadir dan eksis di kota-kota besar Eropa.

Menurut Burmalis Ilyas, harus ada Politik Kuliner dari perantau Minang yang ada di seluruh jagad raya ini. “Artinya harus ada gerakan internasional semua jaringan perantau/diaspora Minang dunia untuk menjadikan masakan Minang sebagai masakan internasional yang diukur dari banyaknya restoran Minang hadir di setiap kota besar dunia,” ujar Burmalis.

Politik Kuliner ini, lanjut Burmalis, diharapkan didukung oleh semua politisi, pengusaha, birokrasi dan semua perantau yang ada didalam dan luar negeri. “Mimpi dan cita-cita tersebut harus dimulai dari sekarang,” tegasnya.

“Terbukti, dengan adanya Restoran Salero Minang di Den Haag Belanda dan beberapa usaha kuliner dan penginapan yang dimiliki oleh perantau Minang, menunjukkan bahwa mimpi ini bukan sesuatu yang mustahil meski ini memang tidak mudah,” tegas Burmalis lagi.

Burmalis Ilyas berharap jaringan Minang internasional yang dirintisnya dengan Prof. Emil Salim, Prof. DR. Jurnalis Uddin, DR. Dino Patti Djalal, Betha A Djardjis, Maskur Chaniago Datuk Perpatih Nan Sabatang, Prof. Irawadi Jamaran, Prof. Armai Arif, Prof Fashbir, Agustanzil Sjahroezah, Sukri Bey, Sylvy Djardjis, Herman Kamra, Hendri Yusuf, DR. Yuliandre Darwis, DR Ivan Sini dan tokoh-tokoh Minang Indonesia.

Serta didukung penuh oleh tokoh-tokoh diaspora/perantau Minang dunia yang ada di luar negeri lainnya, seperti Dutamardin dan Benyamin Rasyad dari Amerika Serikat, DR. Tan Sri Rais Yatim, Prof. DR. Firdaus Abdullah, Dirwan Ahmad Darwis dari Malaysia, Dr. Marah Hoessein Salim dan Uni Salviena Makarim dari Singapura, DR. Yurdi Yasmi dari Thailand, Marlies Bustami, Prof Ismet Fanani, Iskandar, Muhammad Abduh, Yusuf Rizal dan lainnya dari Australia, Muhammad Sirin dari Arab Saudi, dan Syahrian Tampo dari Qatar, DR. Suryadi Sunuri, Erita, Wiwiek dan Efi Carelse dari Belanda, Mimi dan Fauzi Jerman, Deni, Yet dan Isna di Paris, Adriano di Swiss, Sna, Taty Thalib di Italia, dan tokoh-tokoh perantau dunia yang tidak bisa disebutkan satu persatu, bisa mendorong kuliner Minang bisa go internasional. Enye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *