PILARBANGSANEWS. COM. BATANG KAPEH ,–

“Sepakan lagi abak kalian mau pulang, Amak merasa bingung, bagaimana supaya apak kalian bisa yakin bahwa kita butuh banyak bantuan darinya,” kata Mak Gambuang pada anaknya. Mak Gambuang merasa kehilangan ide bagaimana abak paja saat pulang kerumah bisa memberikan kebutuhan keluarganya.

Abak atau suami Mak Gambuang hanya sekali sekali pulang ke rumahnya Mak Gambuang, abak istrinya banyak… Agar bisa menguras isi kantong abak diperlukan strategi.

“Amak ingin dibuatkan apa?” tanya seorang anak Mak Gambuang.

“Banyak, jalan kerumah kita masih becek, sawah kita perlu dibuat pematangnya bagus bagus dan banyak lagi,”

“Amak gak usah ragu, nanti kalau abak pulang, saya ajak kawan-kawan saya kesawah. Biar abak tahu kita sedang rajin membersihkan pematang sawah itu,”

“Apa nanti abak kalian ndak tahu, kita membuat karajo icak icak? Kebiasaan kita membersihkan Tali Banda (saluran irigasi) sebelum turun kesawah warga bergotong royong. Sekarang padi sudah hampir tabik ( mengeluarkan buahnya), sawah kita sudah tidak memerlukan air lagi”

“Biar saja lah nanti, itu tak perlu Amak pikirkan. Tapi Amak mau minta pitih (uang) yang banyak pada abak, betul kan?”

“Iya… Jadilah …, pandai kalianlah. Tapi kalau nanti ada orang yang sawahnya bersepadan dengan sawah kita, lalu dia buka mulut, kita terpaksa nahan diri, soalnya apa yang mereka ucapkan adalah fakta, bukan ota (cerita bohong). ”

Pada hari yang telah dijanjikan abak palang kampung dari Belanda, tentu abak banyak membawa pitih (duit) yang akan bisa digunakan untuk membangun mensejahterakan anak anak amak.

Saking gembiranya abak melihat anak anaknya rajin bekerja , abak rela tak buka sepatu, berpayung payung merancah pematang sawah.

Kata tetangga disebelah, betul betul hebat abak laki Amak Gambuang ini, pakai sepatu, pematang licin tapi tetap memberikan semangat pada anak anaknya, bekerja berhujan hujan ditengah sawah.

Tapi anak anak Mak Gambuang tak sadar kalau abak mereka tahu semua itu hanya skenario akting sesaat saja. Kalau tak tahu bukan laki Mak Gambuang si abak. Siabak cadiak (cerdas) lho dengan hal hal yang begini. Ini mah dah karaja gua yang kalian contek, kata abak membatin

Namun yang jelas kerja anak anak Mak Gambuang cocok dengan semboyan atau nama kabinet Presiden kita, Presiden Jokowi, yakni kabinet Kerja. Rajin bekerja akan mendapat apresiasi dan janji akan ditepati.

By Pilar