PILARBANGSANEWS. COM. PADANG,– Di Kota Padang para pelajar dilibat ikut bersama sama memberantas peredaran dan penggunaan obat obatan terlarang Narkoba. Caranya membentuk satgas Anti Narkoba di sekolah sekolah.

Kepala BNK Kota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si, melantik Satuan Petugas (Satgas) Anti Narkoba dari siswa SMP 18 Kota Padang. Diawali dengan pelaksanaan Upacara Bendera, BNK Kota Padang menyemat rompi seragam Satgas Anti Narkoba kepada 12 siswa. bertempat di Lapangan SMP 18 Kota Padang, Senin (12/02/18).

Kepala Sekolah Drs. Nazir. MM SMP 18 Kota Padang. Mengatakan, pembentukan Satgas Antinarkoba tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi dan edukasi tentang bahaya narkoba sejak dini kepada seluruh siswa dan siswi di lingkungan sekolah.

Raymond bidang pencegahan (BNN) Kota Padang menyampaikan, Pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkoba adalah tanggung jawab semua komponen, termasuk salah satunya pihak sekolah untuk menyelamatkan anak bangsa dari jerat maut narkoba dan meningkatkan kualitas hidup generasi bangsa” katanya,

Ia berharap semoga dengan dibentuknya Satgas Antinarkoba tersebut dapat mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar.

”Kami berharap agar satgas kami selalu dimonitoring BNN Kota Padang agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Sementara itu Kepala BNK Kota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si, sangat mengapresiasi terbentuknya Satgas Antinarkoba di SMP 18 Kota Padang. Menurutnya keberadaan satgas anti narkoba di sekolah-sekolah dinilai sangat penting.

“Ini bisa membantu upaya lembaga tersebut untuk mencegah dan menanggulangi peredaran gelap narkoba di sekolah” katanya.

Ia berharap satgas yang ada di sekolah bisa menjadi “role model” bagi teman-teman lain di sekolahnya, termasuk menjadi jejaring bagi BNK Kota Padang untuk mengantisipasi peredaran narkoba di sekolah” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, satgas ini nanti dapat juga bertugas memberikan sosialisasi bahaya narkoba terhadap rekan sebaya. Mereka akan berperan sebagai konselor atau penyuluh sesama rekan-rekan mereka.

“Sesama pelajar harus saling mengingatkan dampak buruk narkoba dan penerapan strategi cukup efektif untuk sosialisasi bahaya narkoba,’’ ujarnya.

Karena menurutnya penyuluhan dengan teman sebaya justru bisa lebih fleksibel dan mudah ditangkap oleh siswa. Satgas Antinarkoba berperan sebagai fasilisator antara BNK Kota Padang dengan siswa yang ada di sekolah.

Tak hanya itu saja, satgas ini juga memiliki tugas untuk melakukan kampanye pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan sekitar sekolah, seperti di SMP atau SD yang ada di sekitar sekolah. (DP)

By Pilar