PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,– Memaknai Hari Peduli Sampah Nasional 2018, organisasi Sosial Indo Jalito Peduli (IJP) Jakarta menggelar aksi sosial dengan memberikan santunan/ bantuan dana kepada 325 orang pasukan (petugas kebersihan) di Kota Bukittinggi, Rabu (14/2).

Astri Asgani ketua IJP Jakarta mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut. Astri mengungkapkan bahwa IJP merupakan suatu organisasi sosial ibu – ibu orang minang yang ada di Jakarta yang beranggotakan terbatas sebanyak 150 orang dengan kegiatan yang meliputi sosial, seni dan budaya.

“kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi aksi sosial yang dilakukan, kunjungan hari ini adalah dalam rangka memberikan bantuan kepada 325 orang petugas kebersihan dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional 2018, disamping itu IJP juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Bukittinggi sejumlah 10 tempat sampah yang berpasangan organik dan an organik disamping itu baju kaos kepada masing –masing petugas”, ujarnya.

Astri juga mengungkapkan bahwa diberikannya bantuan kepada petugas kebersihan tersebut mengingat beliau telah berjasa untuk menjadikan kota ini bersih dan indah, ungkapnya. Disamping bantuan tersebut IJP juga memberikan hadiah berupa Umroh kepada salah seorang petugas kebersihan yang usianya paling tua.

Walikota Ramlan Nurmatias menyampaikan terima kasih kepada IJP Jakarta yang telah peduli kampung halaman dan berharap bantuan yang diberikan akan menjadi motivasi bagi petugas kebersihan untuk bekerja lebih giat lagi.

“kita mengucapkan terima kasih atas kepedulian ibu – ibu perantau minang yang ada di Jakarta, mudah- mudahan niat baik ini akan menjadi amal ibadah. Memang tepat sasaranlah ibu – ibu ini memberikan bantuan kepada petugas kebersihan, karena untuk membersihakn kota pagi – pagi sekali mereka sudah bangun dan membersihkan yang kotor – kotor, mudah-mudahan bantuan ini akan dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk bekerja lebih giat lagi”, ujar Ramlan

kepedulian para ibu – ibu perantau terhadap kampung halaman menunjukkan bahwa silaturahim antara masyarakat di kampung dan di perantauan tidak terputus, ungkapnya

Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di pelataran Taman Jam Gadang, kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih – bersih di seputar objek wisata tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan acara makan bersama di gedung Istana Bung Hatta yag diiringi dengan nyanyian suara merdu Uni Elly Kasim yang membawakan tembang – tembang Minang kenangan menghibur para petugas kebersihan.

Terlihat juga hadir pada rombongan tersebut anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadigoe, Ketua TP PKK Yesi Ramlan dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kota Bukittinggi. (Ylm)

By Pilar