PILARBANGSANEWS. COM. JAKARTA — Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi didapuk sebagai komandan pemenangan Partai Demokrat. Khususnya dalam mengarungi pertarungan di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.

AHY dikukuhkan langsung oleh sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono. Ketua Umum Partai Demokrat itu mengukuhkan AHY menjadi Kogasma, atau Komandan Satuan Tugas Bersama. Kogasma adalah lembaga baru yang dibentuk Demokrat untuk memenangkan Demokrat di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Acara pengukuhan AHY ini dilangsungkan di Wisma Demokrat, Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018). Dalam pengkuhan itu, Ketua Fraksi PD Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono juga turut hadir.

Jajaran petinggi Demokrat lainnya pun tak ketinggalan. Seperti Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, Waketum Syarief Hasan, dan lainnya.

Pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Demokrat. Prosesi lainnya adalah penyerahan panji Demokrat dari SBY kepada AHY.

Saat menerima panji Demokrat, AHY langsung mengibar-ngibarkan bendera itu. Mantan cagub DKI itu tampak mengenakan jas almamater dan baret biru khas Demokrat.

Dalam sambutannya, SBY meminta Kogasma dapat membantu dewan Pimpinan Pusat Demokrat untuk mengatur strategi memenangkan partai.

“Kita ingin berhasil, ingin menang dan bersiap sambil memohon maka partai Demokrat telah membentuk Kogasma 2019. Untuk apa? Untuk menyukseskan perjuangan kita. Untuk membantu dewan Pimpinan Pusat Demokrat agar partai kita menang dalam pemilu yang akan datang,” kata SBY.

Ia pun meminta AHY untuk menjalankan tugas dengan profesional. SBY juga meminta agar Kogasma membuat strategi pemenangan pemilu dengan bijak dan dengan cara baik.

“Rancang dan selenggarakan kampanye pemenangan pemilu Demokrat di seluruh wilayah Indonesia dengan cara yang efektif, yang cerdas, mendidik dan yang beretika. Ingat politik partai demokrat adalah politik yang baik,” pesan SBY kepada AHY.

Kader dan Siap Jadi Komandan

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi komandan pemenangan Pemilu 2019. Dengan demikian, AHY juga telah resmi menjadi kader dan masuk struktur Partai Demokrat.

“Jadi ini adalah sebuah satuan tugas yang dibentuk dan alhamdulillah saya mendapat amanah dan tugas yang tidak ringan, tetapi insyaallah akan saya jalankan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

AHY sendiri menegaskan telah menjadi kader PD. Hal itu seiring dengan masuknya Kogasma dalam struktur kepngurusan partai.

“Kalau saya kader, ya pasti, saya adalah keluarga besar PD sejak awal. Saya mendapatkan sebuah amanah baru,” tutur AHY.

Untuk bisa meraih simpati masyarakat dalam pemilukada maupun pemilu legislatif, menurut AHY harus memperbanyak volume turun kelapangan dan bertemu dengan konstituen.

“Ya tidak mungkin akan terjalin sebuah komunikasi yang harmonis jika masyarakat tidak kita temui face to face,” katanya.

Sementara itu, Sekjen PD Hinca Panjaitan menjelaskan lebih lanjut soal Kogasma Pemilu 2019 PD. Ketua Kogasma bertugas menjadi komandan pemenangan Pemilu 2019.

“Komandan untuk pemenangan pemilu itu,” kata Hinca. (bs/dtk/MakassarNews TV)

By Pilar