Dharmasraya

Dengan Randai Pemuda Di Dharmasraya Rajut Silaturahmi

.

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com -Kesenian tradisional Randai sampai saat ini masih tetap dilestarikan dengan baik oleh generasi muda di Kabupaten Dharmasraya, bahkan Kesenian randai menjadi ajang merajut silahturahmi pemuda pemudi antar nagari.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pemuda pemudi di Jorong Sungai Kilangan Kenagarian Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung pada Rabu (9/5) saat diadakannya acara penutupan latihan rutin jelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Acara penutupan latihan rutin grup randai Talang Sarumpun Jorong Sungai Kilangan Kenagarian Sungai Dareh dihadiri oleh grup Randai Sarumpun Sarai Jorong Sungai Nili Kenagarian Sungai Kambut bersama ketuanya Mustofa dan grup randai Sirumpuik Banto Kenagarian Sungai Kambut juga dengan ketuanya Yen.

Hadir juga salah seorang ninik mamak Effendi Dt. Rajo nan putih, Ketua Pembina grup Randai Talang Sarumpun Janahar, Kepala Jorong Sungai Kilangan M. Zuhdi, Kepala Jorong Ampang Kamang Oten dan Ketua pemuda Im.

Grup Randai Talang Sarumpun yang telah berumur 4 tahun itu, selalu rutin melakukan latihan sebagai bentuk keseriusannya dalam melestarikan kesenian minang kabau di Kabupaten Dharmasraya.

Beranggotakan sebanyak 20 orang pemuda pemudi grup randai Talang Sarumpun sering diminta tampil diberbagai acara kesenian di pemerintah daerah maupun di masyarakat.

” Selama bulan puasa nanti grup randai Talang Sarumpun, diliburkan dulu latihan rutinnya, biasanya kami rutin latihan sekali dua minggu.” ujar Afrizal Ketua grup randai Talang Sarumpun.

Kesenian Randai memperagakan atraksi silat yang dilakukan oleh banyak orang dalam bentuk berkelompok, seraya menceritakan sebuah yang dilakukan secara berdialog.

Sementara itu Janahar salah seorang pembina Randai Talang Sarumpun selalu memotivasi agar para pemuda dan pemudi untuk selalu giat berlatih randai agar kesenian randai tetap lestari.

” Giatlah berlatih, terus kembangkan kreatifitas kalian, yakinlah bahwa kalian nanti akan berhasil memajukan grup randai ini. ” ucap Janahar saat memberi kata sambutan pada acara penutupan latihan rutin grup randai Talang Sarumpun. ( Rjl/nopsan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *