.

PAGARALAM,PILARBANGSANEWS.COM,– Jembatan Endikat terletak di Kelurahan Atung Bungsu kecamatan Dempo Selatan Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan tidak bisa lagi dilintasi kenderaan roda 4 (empat). Pasalnya sekitar pukul 16.30 WIB, jembatan darurat yang terbuat dari kayu yang selama ini dipasang untuk menutupi lubang besar di jembatan tersebut ambruk.

Ambruknya jembatan darurat tersebut saat truk pengangkut pasir melintas diatas jembatan. Diduga karena kayu yang ada sudah lapuk karena belum diganti akhirnya kayu jembatan patah dan truk nyaris terguling.

Haris (42) salah seorang pengguna jalan mengatakan, untuk sementara jembatan Endikat yang digunakan sebagai Jembatan penghubung antara Kabupaten Lahat dengan Kota Pagar Alam itu, tidak bisa dilintasi lagi oleh kenderaan roda 4. Pasalnya jembatan kayu darurat yang ada sudah ambruk akibat mobil truk pengangkut pasir yang melintas menyebabkan kayu jembatan patah.

“Tidak bisa lewat dek, sebab jembatan darurat yang selama ini dipakai patah. Sedangkan satu jembatan lagi memang sudah rusak dan tidak bisa dilewati lagi,” ujarnya kepada Pilarbangsanews.com

Tampak mobil truk pengangkut pasir terjebak di jemabatan kayu Jembatan Endikat.

Akibat jembatan kayu patah, Jumat (18/5/2018)
Hanya kendaraan kecil saja yang bisa lewat dijembatan Endikat untuk saat ini. Itupun menurut Haris harus dengan pengawasan warga. Pasalnya jika tidak bisa merusak badan jembatan yang memang sudah berlubang.

“Terpaksa harus antri dan hati-hati. Warga sekitar memasang kayu darurat disisi jembatan yang rusak agar bisa mengurai kemacetan. Namun itu harus diatur dengan baik jika tidak maka bisa membuat mobil tersangkut,” katanya.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono SIk MH mengatakan, pihaknya telah memerintahkan petugas Lantas dan anggota Polsek Dempo Selatan langsung kelokasi, untuk mengatur lalu lintas disana.

“Kita sudah perintahkan anggota kelokasi. Namun kita tetap mengimbau kendaraan untuk balik arah lewat jalur alternatif. Pasalnya jembatan harus diperbaiki dalu, agar bisa dilewati dan aman,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Jembatan Endikat akan segera diperbaikki namun terpaksa diundur karena mengingat akan menghadapi Ramadhan dan Pilkada. Maka perbaikkan akan dilakukan usai lebaran atau awal Juli 2018 mendatang.(shn)

By Pilar