.

PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,- Hari pertama Tim Safari Ramdahan (TSR) Kota Bukittinggi yang terdiri dari 12 Tim mengunjungi 45 Masjid yang tersebar di 24 Keluarahan dan 3 (tiga) kecamatan di Bukittinggi, Senin (21/5).

Sebelum tim turun ke masjid – masjid yang telah ditentukan, seluruh anggota tim dilepas oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di rumah dinas Walikota di Belakang Balok yang kemudian dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama.

Kedatangan Tim I yang diketuai oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dengan wakil ketua M.Nur Idris ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi beserta anggota di Masjid Jamik Aur Kuning Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh disambut dengan suka cita oleh pengurus masjid dan jamaah yang disiarkan secara langsung melalui programa 1 RRI Bukittinggi.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh pengurus Masjid Dt.Nagari Labiah bahwa “kami sangat senang dan bahagia sekali ini adalah saat yang ditunggu – tungu jamaah, masjid Jamik Aur Kuning sudah lama tidak dikunjungi oleh Tim 1 yang dipimpin langsung oleh Walikota, dan diminta kepada jamaah bagi yang ingin menyampaikan aspirasinya silahkan langsung kepada Bapak walikota”, ujarnya.

Disamping itu pengurus masjid juga menyampaikan kepada Walikota bahwa masjid saat ini dalam tahap pembangunan yang masih membutuhkan bantuan.

Setelah memperkenalkan angota Tim, Walikota Ramlan Nurmatias menjelaskan tujuan dilaksanakannya Tim Safari Ramadhan oleh Pemko Bukittinggi pada tahun 2018 ini. Dimana selain untuk bersilahturrahmi dengan masyarakat juga sebagai ajang memberikan informasi kepada masyarakat.

“TSR pemko Bukittinggi tahun ini berjumlah 12 tim yang akan mengunjungi 45 Masjid di Bukittinggi, tujuannya disamping bersilahturrahmi dengan masyarakat juga menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang program dan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah”, jelasnya.

Walikota Ramlan juga menyampaikan kondisi kekinian Kota Bukittinggi seperti pembangunan pasar atas, pembangunan RSUD dan pembangunan infrastruktur lainnya. Disamping itu juga dijelaskan persoalan – persoalan yang dihadapi kota Bukittinggi sabagaimana halnya Bukittinggi saat ini menerima banjir kiriman dari daerah hinterland yang dikarenakan buruknya sistim drainase sehingga apabila curah hujan cukup tinggi maka kota Bukittinggi akan digenangi air dan hal ini telah dibicarakan dengan pihak Provinsi, ungkap Ramlan.

Selain bersilahturrahmi dengan masyarakat Tim juga memberikan bantuan kepada pengurus Masjid dana sebesar Rp.8.700.000,- sebagai bantuan honor pencermah selama Ramadhan 1439 H dan kemudian Walikota Ramlan juga memberikan voucher penyerahan Mobil Unit Ambulance Masjid yang merupakan bantuan pokir dari anggota DPRD Rismaidi senilai Rp.250 juta.

Mengingat Masjid Jamik saat ini dalam proses pembangunan yang membutuhkan dana cukup besar, Ramlan juga akan menganggarkan bantuan hibah untuk Masjid Jamik senilai 2 milyar pada tahun depan dan diminta agar pengurus untuk membuat proposalnya yang dibantu oleh Dinas PUPR. (Ylm)

By Pilar