.

Dharmasraya, Pilarbangsanews – Guna memacu pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus berjuang mengejar dana pusat. Tahun ini saja, setidaknya lebih dari Rp 200 milyar DAK (dana alokasi khusus) berhasil digaet pemerintah daerah untuk memenuhi harapan pembangunan dari masyarakat.

“Kemampuan keuangan daerah kita masih sangat terbatas. Itulah kenapa, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus berupaya mengejar dana pusat untuk menggenjot pembangunan daerah,” ujar Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat berdialog dengan masyarakat Jorong Bukit Harapan Nagari Tiumang, dalam agenda Safari Ramadhan di Masjid Al Muqarrabin, Jum’at (25/05).

Kata bupati, DAK yang diperoleh Kabupaten Dharmasraya saat ini jauh meningkat. “Saya mengapresiasi para OPD yang dengan kepiawaiannya mampu menggaet dana pusat untuk menjalankan program pembangunan daerah,” ungkap bupati.

Pembangunan daerah, sebut bupati, tidak bisa jika hanya mengandalkan dana APBD. Dengan jumlah APBD Dharmasraya yang saat ini hanya Rp 930 milyar, tidak mampu mengakomodir seluruh usulan pembangunan dari masyarakat, yang jika ditotal mencapai Rp 2,5 triliun.

“Untuk itu, kami, pemerintah daerah, selalu mohon dukungan dan do’a dari masyarakat, dalam menjalankan roda pemerintahan dan mewujudkan harapan pembangunan dari masyarakat. Setiap masyarakat tentu ingin nagarinya lebih baik, lebih maju. Begitupun kami pemerintah daerah. Untuk itu, do’akan kami selalu agar bisa terus berbuat dan memberikan yang terbaik untuk Dharmasraya yang kita cintai ini,” pungkas bupati.

Sementara itu, Wali Nagari Tiumang, Syafrizal, atas nama pemerintah nagari dan masyarakat, mengucapkan terimakasih atas kepedulian Pemerintah Daerah terhadap pembangunan nagari, khususnya di Tiumang.

“Alhamdulillah. Kami sangat berterima kasih pak bupati. Puluhan kilo jalan di Tiumang sudah diaspal. Akses masyarakat menjadi lebih lancar. Semoga secara bertahap, segala bentuk pembangunan yang diharapkan masyarakat dapat terwujud,” tukas wali nagari.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Al Muqarrabin, berupa uang Rp 10 juta, dua karpet sholat dan dua Al Qur’an terjemahan. Di samping itu, pihak Bank Nagari dan BRI yang tergabung dalam rombongan Safari Ramadhan, juga turut memberikan bantuan berupa karpet sholat, Al Qur’an terjemahan, jam dinding, dan air mineral. (rjl/hms)

By Pilar