Pilarbangsanews.com.
SIJUNJUNG – SN seharusnya dibulan puasa ini bisa berbuka dan makan sahur bersama keluarga, kini untuk beberapa masa kedapan, udara bebas tak akan dinikmatinya. Pasalnya SN yang bekerja sebagai sopir truk itu, kini diamankan oleh pihak berwajib di Polres Sijunjung karena truk yang dia kemudikan tertangkap saat membawa kayu tanpa dilengkapi dokumen.

Jajaran Polres Sijunjung, Sumbar, mengamankan satu truk kayu yang tanpa dilengkapi dokumen ini, saat melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, Minggu malam (27/5).

Sopir truk berinisial SN (40), Minang, warga Jorong Koto, Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung setelah ditangkap langsung digelandang ke Mapolres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir kepada wartawan membenarkan pada hari Minggu tanggal 27 Mei 2018 sekira pukul 19.00 WIB, Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Sijunjung menemukan 1 unit mobil truck Mitsubishi Canter warna kuning dengan nomor polisi BA 9077 BU bermuatan kayu yang dikemudikan oleh SN. Saat dihentikan petugas, SN tidak dapat menunjukan dokumen sah kayu yang dibawanya. Petugas kemudian mengamankan pelaku berikut barang bukti Mapolres Sijunjung.

“Saat diperiksa, ternyata truk tersebut membawa kayu yang diduga ilegal. Karena SN yang juga sopir tersebut, tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah. Saat ini pelaku dan barang bukti telah kita amankan di Mapolres Sijunjung,” ungkapnya.

Mengenai ancaman hukuman kepada pelaku, Kapolres Imran Amir menyatakan, SN diancam dengan Pasal 12 huruf e dan pasal 83 ayat 1 huruf b, ayat 2 huruf b Undang-Undang No.18 tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan.

“SN adalah sopir truk. Kita akan melakukan pengembangan kasus ini lebih lanjut,” ungkap Imran Amir. (nina susilawati/Rzl)

By Pilar