.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Dharmasraya Berlangsung Khidmat

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Jum’at (01/06), berlangsung khidmat. Forkopimda, Kepala OPD, Organisasi Wanita dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya turut dalam upacara yang dipimpin oleh Pj. Sekda, Adlisman, tersebut.

Adlisman saat membacakan amanat tertulis Presiden Joko Widodo pada kesempatan itu menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers Indonesia ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ujar Adlisman.

Negara manapun di dunia ini, sambung Adlisman, akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan.

“Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” tukuknya.

Tidak hanya itu, para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa juga diajak untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya,” pungkasnya. (rjl/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *