PILARBANGSANEWS.COM. JAKARTA ,– Udara kota Pekanbaru tadi malam tidak dingin, sekitar pukul 3:30 WIB warga RW 02 Mekar, Serumpun Kelurahan Harjo Sari Kecamatan Sukajadi, yang lagi tidur pulas terbangun gara gara ada suara kentongan yang diiringi dengan kata kata Sahuur…., Sahuuuur, Sahuur, bangun….bangun ….sahuuuuuuur.

Aktivis membangunkan warga disaat sahur ini dilakukan oleh beberapa orang pemuda yang bersinergi dengan aparat keamanan setempat.

Namun tahukah anda, diantara regu pengingat makan sahur itu ada seorang polisi. Kalau seseorang polisi itu adalah Bhabinkamtibmas berpangkat Bripka ya mungkin hal biasa.

Tapi akan menjadi decak kagum dan salut jika salah seorang diantara regu pembangunan sahur itu ada seorang yang berpangkat dua bunga melati, Mantan Kapolres didua kabupaten dan kini menjabat sebagai Wakapolresta Pekanbaru sejak April 2017/lalu, setelah sebelumnya menjawab kapolrea Kampar dan Kapolres Kuantan Singingi.

Dia adalah AKBP Edy Sumardi SIK SH, suami seorang mantan Polwan yang miliki anak 3 ini tak merasa kecil melaksanakan tugas tugas seperti ini.

“Sebab saya menilai, makan sahur itu jatuhnya sunat, apabila dikerjakan berpahala untuk puasa kita disiang hari dan orang yang membangunkan tentu akan mendapat pahala pula dari kegiatan itu. Hitung hitung nambah pahala di bulan nan suci ini ,” kata Edi urang awak yang besar di.Medan ini saat ditanya kenapa dia mau ikut melaksanakan kegiatan itu.

Namun yang jelas, sambungnya, kegiatan ini sabagai wujud dari kepedulian polri dlm memelihara kamtibmasy yang sinergis dengan Warga, pemda dan TNI agar tercipta suasana aman dan kondusif selama Ramadhan.

Apakah pak Waka tak gengsi seorang Ajun Komisaris Besar Polisi melakukan aktivitas yang bisa diperintah dicover oleh bawahan?

“Hehhhehe…,” dia tertawa sejenak kemudian Pria kelahiran tahun 1974 ini menyatakan; “Kenapa Mesti Gengsi… saya ikhlas karena saya menempatkan diri saya sebagai sosok pelayan masyarakat…. ini juga sbg bentuk nyata dari kepedulian pimpinan untuk berikan penguatan dan motivasi kepada para bhabinkamtibmasy yang selama ini selalu ada di garda paling depan bersama rakyat utk pelihara kamtibmasy. Sekali sekali saya ingin bergabung bersama mereka merasakan bagaimana sebagai petugas yang berada digarda terdepan itu,”

Aktivis membangun warga agar tak ” balalu” (berlalu) makan sahurnya telah dilaksanakan AKBP Edy saat menjadi Kapolres dulunya.

Seperti yang ditulis dalam mediapolsii.co, aksi wakapolresta Pekanbaru ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar. Salah seorang petugas Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) RW 02 Mekar, Serumpun Kelurahan Harjo Sari Kecamatan Sukajadi, Efendi menanggapi positif adanya kegiatan polisi yang membangunkan warga di waktu sahur.

“Sangat mantap. Selama ini, baru kali ini saya melihat kegiatan polisi membangunkan warga di saat sahur,” akui Efendi.

Ketua RW 02, Taufik, yang juga hadir pun mengucapkan rasa terima kasih atas kedatangan Wakapolresta Pekanbaru yang turun langsung ditengah-tengah masyarakat dalam kegiatan membangunkan sahur warga berkeliling.

Baginya, kegiatan tersebut sangat positif dengan hadirnya polisi bersama masyarakat.

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH melalui Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditaja bapak Kapolresta yang dinamakan Bakti Religi.

“Tujuan kehadiran kita ini memastikan situasi di lingkungan aman dan nyaman bagi masyarakat. Jangan sampai ada spesialis rumah kosong,” Ujar AKBP Edy.

Lanjut AKBP Edy, kegiatan yang dilakukan bapak Kapolresta ini sangat bagus.

“Kita membawa kentongan keliling bersama warga. Dan tentunya kita ingat waktu kecil dulu ikut membangunkan sahur. Dan semua ini bernilai ibadah tentunya dengan ikhlas,” Ujar AKBP Edy.

AKBP Edy juga mengucapkan terima kasih kepada warga, Bhabinkamtibmas dan Babinsa karena aktif bersama menjaga Kamtibmas.

AKBP Edy berharap kegiatan seperti ini bisa dilestarikan karena sangat baik.

Turut hadir Kasat Sabhara, Bhabinkamtibmas Harjo Sari, Ketua RW, Ketua RT dan warga serta petugas pos Kamling RW 02 Mekar Serumpun dan TNI serta awak media.

Laporan; Ramlan Abdullah

Edotor YY

By Pilar