PILARBANGSANEWS. COM. TANAH DATAR__ Untuk penanggulangan kerugian Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah Polres Tanah Datar turun 315 personel gabungan.205 orang yang berasal dari anggota Polri, anggota badan dari TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Kesehatan.

Demikian informasi Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas SH didampingi Kasat Lantas AKP Yulandi Rusadi SH usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Rabu (6/6/18).

Kapolres mengatakan, dalam palitment tugas di lapangan, tim yang dibagi menjadi empat titik (Titik) pengamanan dan pelayanan di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Pos tersebut dilakukan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dan Komplek Istano Basa Pagaruyung merupakan Pos pelayanan (Posyan) dan di Pasar Ombilin Kawasan Danau Singkarak dan Pasar Kecamatan Sungai Tarab adalah Pos Pengamanan (Pospam).

Selanjutnya, Kapolres mengatakan, pihaknya juga merupakan sarana yang memungkinkan untuk mengeluarkan informasi tentang desa-desa seperti pasar tumpah, antrian di SPBU, bencana alam, dan aliran padat kegiatan pengendara.

“Untuk mengantisipasi gangguan itu, kita dapat melakukan beberapa tugas di empat tempat tersebut dan sebagian lainnya melakukan patroli di tempat-tempat rawan Kamtibmas,” tutur Bayu.

Sementara, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan pemerintah daerah yang selalu mendukung upaya yang dilakukan pihak-pihak dalam upaya pengamanan dan kenyamanan masyarakat dan perantau Hari Lebaran di kampung halaman.

“Pemda Tanah Datar siap mendukung kegiatan yang sedang dilaksanakan termasuk personil dari dinas terkait untuk memuluskan operasi ketupat 2018”, tutur Irdinansyah Tarmizi.

Pada kesempatan itu, Kapolres Bayu bersama Bupati Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Dandim, Wakapolres Kompol Mayarudin, Hakim Pengadilan Negeri Batusangkar, melakukan pengecekan kenderaan patroli sekaligus memusnahkan barang bukti petasan sekitar 12.489 buah.

Editor: Budi Waluyo

By Pilar