PILARBANGSANEWS. COM. SOLOK,–Meningkatnya eskalasi politik di Kabupaten Solok jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, membuat terjadi riak di DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok. Bagaimana tanggapan Wakil Ketua Organisasi Kader dan Keanggotaan (OKK) DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok, Dodi Hendra Dt Pandeka Sati terkait riak ini, ikuti wawancara khusus berikut ini.

Bagaimana kondisi DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok saat ini?

Kepengurusan Partai Gerindra Kabupaten Solok saat ini sangat solid. Koordinasi antar pengurus, kader dan simpatisan dalam membangun dan membesarkan Partai Gerindra, berjalan maksimal.

Kemarin ada riak di tubuh Partai Gerindra Kabupaten Solok. Bagaimana perkembangan terkini?

Riak-riak kecil yang terjadi di tubuh DPC Gerindra Kabupaten Solok seperti yang didengar, hal itu adalah tidak benar. Kita harapkan seluruh pengurus, kader dan simpatisan, agar jangan terpengaruh dengan isu-isu gang intinya merusak jalanya parta Gerindra. Karena kita tahu sekarang adalah tahun politik, eskalasi politik makin hangat. Kita jangan sampai terpengaruh dengan upaya-upaya pelemahan yang dilakukan pihak-pihak yang tidak ingin partai ini besar.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Partai Gerindra di Kabupaten Solok adalah salah satu partai pemenang Pileg 2014. Tentu saja ada terpaan dan tantangan, baik di internal dan dari eksternal. Namun, ini adalah ujian untuk partai besar. Mari kita mengambil hikmah dari semua ini.

Internal dan eksternal, apa maksudnya?

Sebagai partai besar, tentu banyak orang yang ingin bergabung ke Partai Gerindra. Tapi, setelah bergabung, di antara mereka ada yang belum memahami sistem partai. Partai Gerindra memakai sistem komando dari pusat. Kita berpatokan kepada apa yang digariskan dari DPP Partai Gerindra. Jadi sistemnya tidak sama dengan partai lain. Ini harus dipahami dulu. Lalu, ada juga terpaan dari eksternal. Karena itu, kita harus solid.

Sebagai Wakil Ketua OKK, apa langkah yang akan ditempuh ke depan?

OKK bertujuan membina keorganisasian, pengkaderan dan keanggotaan. Dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan berbagai upaya untuk pembinaan ini. Terutama untuk memberikan pemahaman tentang visi misi dan sistem di Partai Gerindra.

Sebagai Sekretaris PD Satria Sumbar, sejauh mana peran untuk Partai Gerindra, terutama di DPC Kabupaten Solok?

Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) adalah sayap tertua Partai Gerindra. Satria adalah Gerindra sejati dan lahir beriringan dengan lahirnya Partai Gerindra. Bagaikan badan dan sayap, keduanya adalah sebuah kesatuan. Karena ini adalah partai dengan sistem komando.

Bagaimana jalannya kepengurusan saat ini?

Semuanya berjalan baik. Koordinasi lancar dan tidak ada masalah. Begitu juga hubungan antar pengurus, kita akur-akur saja. Koordinasi dengan Ketua DPC Partai Gerindra, Kabupaten Solok yang saat sekarang ini dinakhodai oleh saudara kami Jon Firman Pandu berjalan baik sangat baik.

Dugaan dan isu yang menyatakan DPC diterpa permasalahan. Terutama permasalahan utang piutang?

Itu semua adalah isu dan pemberitaan yang menurut saya tidak benar. Saya yakin Kepengurusan DPC Gerindra Kabupaten Solok, sekarang ini di bawah komando saudara Jon Firman Pandu, sudah melunasi utang-utangnya yang menyangkut dengan keutuhan Partai Gerindra. Jika ada masalah, saya sebagai kader siap membantu dan berjuang bersama kawan-kapan yang lain untuk dapat mengatasi setiap masalah yang ada. Saya juga sangat yakin bahwa Gerindra Kabupaten Solok selalu terbuka. Beberapa kali saya datang ke kantor DPC Gerindra Kabupaten Solok, kondisi kantor dalam keadaan terbuka, segala aktivitas kantor berjalan dengan normal.

Tanggapan terhadap bahwa ada kader yang tidak loyal?

Saya yakin ini adalah pernyataan dari orang-orang yang bukan pengurus serta kader dari Partai Gerindra. Dan itu mungkin saja disebarkan oleh orang-orang yg berseberangan dengan partai. Dan bermaksud merusak kekompakan dalam partai.

Hubungan dengan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok?

Kami adalah satu keluarga beaar. Hubungan saya dengan Ketua DPC, Partai Gerindra Jon Firman Pandu berjalan baik kok. Dan kami selalu kompak-kompak dan akur saja, bahkan juga dengan Pengurus yang lainya di DPC dan sampai ke tingkat Pimpinan Ranting.

Visi bergabung di Partai Gerindra?

Bagi saya berjuang di Partai Gerindra ini, bukan untuk karier, tapi sebagai medan perjuangan agar dapat bersama-sama membawa serta mengantarkan Pak Prabowo menuju Indonesia yang sejahtera ke depannya.

Bagaimana dengan loyalitas?

Soal loyalitas, jangan pernah ragukan loyalitas saya ke Partai Gerindra. Saya siap berkorban harta bahkan nyawa sekalipun demi perjuangan ini. Karena itu, marilah kita sama-sama berjuang membesarkan partai, bukan untuk kepentingan pribadi. Mari berjuang bersama untuk membesarkan Partai Gerindra menjadi partai besar, solid, dipercaya dan dicintai masyarakat Indonesia. Dan kita bersama bagaimana mampu mengantarkan Pak Prabowo dalam mewujudkan Indonesia yang jaya dan sejahtera.

Kabarnya ada kader yang mundur?

Insyaallah tidak ada kader yang mundur. Kami semua solid. Namun hidup ini adalah pilihan. Jika ada yang ingin berubah haluan silakan saja, tapi kita tetap bersaudara. Juga tidak ada pemecatan. Kalau saya lihat dan perhatikan, kader dari DPC Gerindra Kabupaten Solok, sampai ke tingkat ranting sekalipun, sangat solid.

Dugaan adanya perpecahan di tubuh DPC Gerindra Kabupaten Solok?

Saya tegaskan, saya selaku Ketua OKK DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok, yang di-SK-kan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra, bahwa tidak ada perpecahan di kepengurusan DPC Partai Gerinda Kabupaten Solok. Semua akur-akur dan berjalan damai. Saya sangat yakin tidak ada perpecahan di DPC Gerindra Kabupaten Solok, kami sangat solid.

Prediksi di Pileg dan Pilpres 2019 mendatang?

Kami sangat yakin, raihan suara Partai Gerindra di Pileg 2019 mendatang, akan mampu menjadi yang terbaik dan tampil sebagai pemenang. Begitu juga dengan Pilpres, saya sangat yakin Pak Prabowo akan menjadi Presiden RI periode 2019-2024. Insyaallah. (rijal islamy)

By Pilar