Musi Rawas,Pilarbangsanews.com,-

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti Burlian melaksanakan Sholat Idul Fitri 1439 H di Masjid Agung Darussalam Muara Beliti, Jum’at, 15 Juni 2018.

Turut hadir Ketua Tim penggerak PKK dr Hj Noviar Marlina Gunawan beserta Kelauraga Besar, Kapolres Musi Rawas, Kepala Kemenag Musi Rawas, Pimpinan OPD Musi Rawas dan ribuan masyarakat.

Bupati yang mengenakan sarung dan peci hitam dengan stelan Baju Koko yang dibalut dengan Jas Warna Hitam tiba di Masjid Agung Darussalam pukul 06.47 WIB yang langsung disambut oleh Wabup Mura, Kapolres dan Kemenag Mura serta Pimpinan OPD Pemkab Mura.

Sembari menuju tempat yang telah dipersiapkan di shaf depan, Bupati dan keluarga terlihat bersalaman dengan jemaah yang telah lebih dulu hadir di Masjid.

Sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri 1438 H berjamaah, Ketua PHBI Kabupaten Musi Rawas, Harmadi, S.Ag dihadapan ribuan jemaah melaporkan seluruh agenda yang disusun selama Bulan Ramadhan 1439 H berjalan sukses mulai dari rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan kegiatan Ramadhan, Safari Ramadhan, Peringatan Nuzulul Qur’an hingga Takbir Keliling di malam Idul Fitri 1438 H, terakhir Pelaksanaan Puncaknya yakni Sholat Idul Fitri 1439 H di Masjid Agung Darussalam.

Selanjutnya, Bupati Musi Rawas dalam sambutanya setelah kita menunaikan ibadah puasa ramadhan bersama amalan kebaikan lainnya, dilanjutkan dengan menunaikan zakat dan pada puncaknya untuk saling bermaafan. ini merupakan rangkaian ketaqwaan yang harus membekas dan istiqomah dalam kehidupan bermasyarakat.

Sama halnya dengan cita-cita dan harapan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan apa yang dilaksanakan tujuannya untuk kebaikan seluruh element yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

Dikatakan Bupati, khusus dalam bidang keagamaan, pertama dengan memakmurkan Masjid karena Masjid merupakan bagian dari simbol kedamaian dan kemakmuran. Jika Masjidnya makmur maka Masyarakatnya juga damai dan makmur.

Kedua, mendorong masyarakat yang cinta Al Qur’an, dimana peran pesantren dan guru ngaji sangat diperlukan. Sebagai bentuk apresiasi kepada pendorong Gerakan Cinta Al Qur’an, Pemkab Mura secara bertahap memberangkatkan Umro kedua penggiat ini selain masyarakat yang konsisten dengan kebaikan bersama dan yang berprestasi.

Terakhir, mendorong masyarakat Germar Bersadaqoh karena dengan bersadaqoh maka akan lebih dekat dengan sesama, dengan allah dan syurganya. Selain mengefektifkan Baznas, Pemkab Mura bersama Kemenag Mura memiliki program “one person, one thoursand/satu orang seribu rupiah” untuk bersadaqoh.

Mengakhiri sambutanya, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk saling memaafkan dan bersama sama mrbangun daerah ini serta mensukseskan pelaksanaan pilkada dan asian games ke 8 di Jakarta dan Palembang.

Pada kesempatan ini Ustad Auli Rozak didaulat menjadi Imam Sholat Idul Fitri dan Ustad Aidil Fitrisyah, Lc sebagai khatib. Tepat pukul 07.35 WIB salat sunah Idulfitri dilaksanakan. Setelah salat langsung dilanjutkan dengan ceramah agama.

Dalam ceramahnya khatib mengajak seluruh masyarakat untuk melanjutkan amalan amalan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan seperti berpuasa, bersadaqoh dan tadarusan. Selain itu, Ust Adili juga mengajak masyarakat Musi Rawas untuk menyukseskan program-program pemerintah terkusus menyempurnakan Program Musi Rawas Darussalam.

Selesai mendengarkan ceramah dan dilanjutkan dengan doa oleh Ust. Aidil Fitrisyah, Lc. Bupati bersama sama jemaah bersalam salaman dan selanjutnya menunggalkan masjid menuju Pendopo Kabupaten Musi Rawas untuk berhalalbihalal dengan pejabat dan menggelar Open House dengan masyarakat.(Sahlin Palpas)

By Pilar