Pessel

Perayaan Tahun Baru Islam di Kampung Teluk Kasai

Taluak Kasai, Pilarbangsanews.com,–Kelip cahaya yang bersumber dari ratusan api obor begitu semarak di sepanjang Jalan Kampung Teluk Kasai. Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Ratusan warga masyarakat mengikuti pawai obor untuk menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hiriyah, Senin (10/9) malam.

Pantauan pilarbangsanews.com di kampung Teluk Kasai, , Senin (10/9) malam, pawai obor diikuti ratusan anak-anak, remaja dan pemuda. Pawai obor tersebut dimeriahkan juga dengan konvoi motor.

Koordinator pelaksana, Afrijon melaporkan bahwa peserta pawai obor di Teluk Kasai mencapai 700 orang yang terdiri dari anak-anak, remaja, pemuda dan termasuk orang tua.
Peserta pawai obor berjalan kaki sepanjang tiga kilometer dari mesjid Baiturrahim menuju dusun Kabun dan dusun Toko hingga pantai kampung Teluk Kasai dan kembali ke mesjid Baiturrahim Teluk Kasai.

Sementara itu kepala kampung Teluk Kasai, Andra Usmanedi pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan pawai obor ini baru pertama kali dilakukan di kampung Teluk Kasai, makanya pada tahun baru Islam tahun ini kepala kampung Teluk Kasai ingin menumbuhkan tradisi ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, tradisi pawai obor setiap menyambut tahun baru Islam ke depannya akan dijadikan agenda tahunan oleh Kepala kampung Teluk Kasai.” Kita ingin memaknai bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya,” jelasnya.

Melalui pawai obor juga diharapkan jalinan harmoni kehidupan masyarakat di Teluk Kasai semakin baik, sehingga kerukunan umat semakin meningkat.

“Makna dibalik obor adalah spirit (semangat) bagi masyarakat ,terutama kaum Muslimin agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik lagi pada tahun mendatang. Semangat pawai obor juga dapat meningkatkan amal ibadah kita, rasa persaudaraan, sehingga kita bisa meningkatkan perbuatan baik untuk menolong sesama dan membangun kampung,”katanya. (AU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *