KOTA SOLOK PILARBANGSANEWS. COM– Keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan syarat utama mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil makmur dan beradab berdasarkan UUD 1945. demi keamanan masyarakat Solok Dir Bimas Polda Sumatra Barat Nasrun Fahmi SH, M.Si melakukan Sosialisasi kepada Wali Nagari dan Babinkantibmas serta unsur masyarakat diaula Mapolres Solok Kota

Acara sosialisasi tersebut tentang Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang PEMOLISIAN MASYARAKAT , dengan memantapkan peran masyarakat dalam FKPM , Polda Sumbar dan jajaran sebagai Polisi Promoter.

Dalam sambutan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.I.K.MH menyatakan ada tambahan tugas bagi Bhabinkamtibmas Polres Solok Kota yaitu agar giat mengajar disekolah dengan menyampaikan tema tentang narkoba dan tertib lalu lintas serta kenakalan remaja.

Selanjutnya bhabinkamtibmas juga harus lakukan pengawasan dana desa yang mana pelaporanya sekurangnya 1kali dalam seminggu , dalam menghadapi pemilu 2019 , bhabinkamtibmas diminta kordinasi dengan Panwascam untuk mencegah terjadi pelanggaran pemilu ditingkat kecamatan.

Sementara itu Dir Bimas Polda Sumbar menyampaiakan penting nya transparansi pengunaaan dana desa kemasyarakat dan bhabinkamtibmas bertugas mengawasi dan menyelasaikan permasalahan permasalahan yang tergolong ringan, dapat diselesaikan ditingkat masyarakat saja jagan sampai dibawa kepolsek dulu kecuali masalah besar.

Untuk meningkatkan mensukseskan FKPM, Polri membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) yang diwakili oleh tokoh masyarakat, adat, agama, walinagari, cerdik pandai dan Bhabinkamtibmas .

Mengenai anggaran untuk menunjang Program dan kegiatan FKPM , Dir Bimas Polda Sumbar Nasrun berpesan kepada para walinagari dapat menganggarkan didalam anggaran nagari, karna hal ini dilakukan demi terciptanya keamanan bersama didalam nagari.

Tidak hanya itu Nasrun juga berharap kepada wali Nagari untuk menyediakan tempat BKPM dikantor Wali Nagari untuk kelancaran dan kerja samanya.

Sedangkan Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Dt . Khatib Sulaiman mengatakan mneyampaikan sanagat mendukung sekali terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Sumbar dalam memwujudkan keamanan dan ketertiban yang dilaksanakan oleh Polres Solok Kota

“ yang paling penting tinggi nya nilai raso pareso dalam bahasa minang nya . Keamanan bukan milik Polri , tetapi milik semua masyarakat ,kita butuh kemanan dan kenyamanan,’’ ungkap ketua LKAAM Kota Solok. ( YN/Jsh)

By Pilar