Malinau, PILARBANGSANEWS.COM – –Babinsa Koramil 0910-03/Malinau kota, Kabupaten Malinau Kalimantan Utara Sertu syafriansyah melaksanakan pembinaan dan latihan rutin organisasi kepramukaan Saka Wira Kartika Kodim 0910/Malinau bertempat di Halaman Makoramil 0910/malinau kota, Kabupaten malinau. Jum’at (21/09/2018)

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Layaknya pada Satuan Karya Pramuka lainnya, anggota Saka Wira Kartika disyaratkan seorang Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega baik putera dan puteri yang menjadi anggota gugusdepan di wilayah cabang atau ranting di mana Saka Wira Kartika itu berada.

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Sertu Safriansyah selaku pembina Pramuka Saka Wira Kartika berkesempatan memaparkan materi dan ilmu pengetahuan kepada para anggota Saka Wira Kartika. Diantaranya pelatihan tentang baris berbaris, pengetahuan tentang tata cara penghormatan, pengetahuan tentang peta dan kompas, pengetahuan tentang bongkar pasang tenda serta teori tentang sandi-sandi kepramukaan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat juang dalam bela Negara, agar apa yang menjadi tujuan kegiatan ini dapat tercapai dengan baik,” tandas Sertu safri.

Para anggota terlihat antusias menerima arahan dari kakak Pembina mereka. Mereka secara bergantian dengan semangat mengikuti dan mencoba hal-hal yang telah diajarkan.(Ezl)

By Pilar