BUKITTINGGI, PILARBANGSANEWS. COM,– Menghadapi penilaian kompetensi Camat tingkat Sumatera Barat tahun 2018, Hendri Camat Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi mulai mempersiapkan diri dengan menggelar rapat konsolidasi yang dihadiri oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kota Bukittinggi Noverdi, Wakapolsekta Bukittinggi, Danramil 13, Niniak mamak, Bundo kanduang, Lurah serta organisasi dan stakeholder yang ada di Kecamatan ABTB serta undangan lainnya di aula kantor camat setempat, Rabu (19/9).

Dalam sambutannya Hendri mengatakan bahwa, satu tahapan telah dilaluinya dengan menjadi salah seorang dari 6 (enam) camat terbaik di Sumatera Barat. Untuk tahap berikutnya perlu melakukan pertemuan dengan semua stake holder yang ada di Kecamatan. Karena ini adalah tahap yang akan menentukan, sebab tim juri akan melakukan klarifikasi lapangan dari ekspose yang telah dilakukan sebelumnya di Padang.

“berbagai persyaratan yang dinilai pada dasarnya kita sudah siap, karena ekspose yang telah kami lakukan dihadapan tim penilai sesuai dengan kondisi di lapangan, dan kita telah lakukan hal yang terbaik sehingga masuk sebagai 6 besar untuk Sumatera Barat. Selanjutnya tim akan melakukan klarifikasi lapangan, untuk itu kami mohon dukungan kita semua untuk kesuksesan lomba ini. Karena Bapak – bapak dan Ibu – ibu semua nantinya akan diwawancarai oleh para juri sesuai dengan bidang pengelompokan nantinya”, ujar Camat Hendri.

Hendri juga mengatakan bahwa pada penilaian nantinya akan ada pengelompokan yang terdiri dari tiga bidang yakni kelompok pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Pada masing – masing kelompok tersebut nantinya akan dilakukan pertanyaan – pertanyaan oleh tim sesui dengan kebenaran dan kenyataan daripada ekspose yang telah dilakukan, tambahnya.

Sementara itu Asisten I Administrasi Pemerintahan Umum Setda Bukittinggi Noverdi, mengatakan bahwa Camat ABTB memang layak dinilai dan memperoleh predikat kompetensi camat terbaik, banyak inovasi pelayanan dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan dan juga telah mengantarkan beberapa kelurahan untuk menjadi terbaik di Tingkat Sumatera Barat seperti Kelurahan Parik Antang dan Kelurahan Belakang Balok sebagai kelurahan Terbaik di Sumbar, untuk itu perlu dukungan kita semua mengahantarkan camat Hendri sebagai yang terbaik di Tingkat Sumatera Barat.

“satu tahap telah dilalui camat Hendri, tentunya kita berharap Camat ABTB adalah yang terbaik, untuk penilaian tahap berikutnya adalah butuh dukungan kita semua, begitupun SKPD diminta dukungannya sesuai dengan tupoksi masing – masing. Dengan melihat prestasi serta inovasi selama ini kita optimis Camat ABTB punya peluang sebagai juara, untuk itu agar lebih mempersiapkan semua dokumen pendukung dan membenahi yang dirasa masih kekurangan”, ungkap Noverdi.

Disamping itu Noverdi juga mengingatkan, karena penilaian ini adalah objektif, apabila 6 camat mempunyai nilai yang sama, untuk itu kita harus bisa mencari nilai dari faktor – faktor pendukung lainnya seperti kehadiran pimpinan daerah, Forkompimda maupun forkompimcam dan stakeholder lainnya maupun dari seremonial acara perlu menjadi perhatian kita, pungkasnya.

Tim penilai Kompetensi Camat tingkat Sumatera Barat tahun 2018 akan melakukan penilaian lapangan ke Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi direncanakan pada tanggal 25 September 2018. (Ylm)

By Pilar