PILARBANGSANEWS. COM,-– Dari sebuah grup WhatsApp saya melihat foto, foto Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi, sedang menggenggam dm mic. sepertinya pak Waka sedang melantunkan satu lagu kegemarannya, diiringi musik jalanan.

Dibawah postingan foto itu ada pesan, dengan kalamat:

“Bersilaturahmi dengan Masyarakat dan Penyanyi Jalanan.
Sembari Ajak pelihara kamtibmasy,”

Ow rupanya pak Waka bukan nyanyi sembarang nyanyi, tapi bernyanyi untuk mengajak pemusik jalanan bagaimana bisa ikuti menjaga Kamtibmas di Kota Pekanbaru, bagaimana agar warga Pekanbaru terasa aman, bagaimana agar kota Pekanbaru terhindar dari penyakit masyarakat yang dapat menimbulkan keresahan, tidak nyaman dan sehingga dengan tidak ada rasa aman itu akan banyak persoalan akan muncul.

Merasa bertanggung Jawab dengan kondisi kamtimas di Pekanbaru, pak waka yang telah pantas menyandang pangkat 3 kembang melati ini, tak pilih pilih tempat, waktu dan orang yang ditemui nya, yang penting baginya bagaimana agar pesan pesan kamtibnas itu bisa sampai ditengah tengah masyarakat, pasti akan ia jalani.

Malam Minggu (29/9), contohnya, pak Waka tampil menyampaikan pesan kamtibnas dengan cara bergabung dengan pemusik jalanan. Dia datang bersama Kapolsek kota pekabaru.

Apa Komentar para pemusik jalanan terkait disambangi oleh pak Waka dan Pak Kapolsek?

“Pak Waka Polrestabes dan pak Kapolsek dan teman pak Kapolsek tadi, Yg rendah hati dan menanamkan rasa kedekatan kepada mereka. dan mereka bangga dengan kepribadian pak Waka Polrestabes yg merakyat. Berulang kali mereka sebut itu bang begitu juga dengan tamu2 yg hadir tadi.
Luar biasa……,” tulis seorang teman, menginformasikan. Saya tidak tuliskan namanya disini karena ketika tulisan ini saya kutip menginspirasi saya menulis tulisan ini, saya tidak minta izin padanya. Mana tau yang bersangkutan tidak senang jika namanya ditulis, kan bisa jadi merusak pergaulan. Itu pertimbangan kenapa nama yang bersangkutan tidak saya tulis.

Pemusik jalanan yang disambangi pak Waka berdialog dan bernyanyi semalam adalah salah satu grup musik jalanan, yang sering mengkal disatu lokasi jalan protokol Kota Pekanbaru, kepiawaian mereka memainkan musik boleh bilang nyaris sama dengan pemusuk pemusik yang sudah lebih dahulu buming, bekend dan ngetop dipa dikalangan artis pemain musik dan pelantun lagu.

Dan mereka cukup banyak dan memiliki sebuah komunitas yang perlu dibina dan mendapat perhatian dari stekeholder mengajak mereka berperan aktif sebagai subjek menciptakan rasa aman di kota ini….

Malam Minggu kemarin, itulah yang dilakukan AKBP Edy Sumardi dia mencoba meng-aprooch pemusik jalan agar komunitas itu dapat berperan aktif menjaga dan ikut bersama-sama menciptakan Kamtibmas itu. (yy)

By Pilar