Padang – Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sumatera Barat ikut berduka dan peduli korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah dengan akan mengirimkan 1 ton Randang. Saat ini kita telah mengumpulkan randang lebih kurang 700 kg yang besok Senin dikumpul di Kanto Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov. Sumbar.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela acara melepas kontingen Kafilah MTQ Sumatera Barat di Aula Kantor Gubernur, Minggu sore (30/9/2018).

Lebih jauh Wagub Nasrul Abit menyampaikan, kita akan lakukan membawa makan “randang” tersebut via penerbangan garuda atau pesawat bantuan yang ada nantinya.

Randang ini dikemas dalam ukuran setengah kilo, sehingga nantinya dapat mudah dibagikan kepada masyarakat korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala.

Bagi masyarakat yang berkeinginan turut serta memberikan bantuan berupa makanan randang, pakaian, dapat mendatangi kantor BPBD Sumbar jalan Sudirman no. 51 Padang.

Saat ini kita memang belum dapat kontak langsung dengan pak Gubernur Sulteng, sudah di Whastaap juga namun beluk beliau jawab, mungkin jaringan masih belum baik, ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, nanti mungkin Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang akan mengantarkan langsung bantuan ini. Baik berupa makanan randang, dan dana sebesar Rp. 350 juta dari APBD Sumbar sesuai pergub serta juga diharapkan tambahan bantuan dari Baznas perkiraan Rp. 150 juta, sehingga total Rp. 500 juta.

Kita berharap saudara-saudara kita masyarakat Palu dan Donggala Sulteng dapat tabah dan sabar menghadapi cobaan ini. Semoga saja jaringan, listrik dan transportasi masuk lokasi bencana dapat pulih segera, sehingga bantuan dapat segera diterima saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa dan tsunami tersebut.

BPBD Sumbar bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, akan bekerja sama dalam pengelolaan penyerahan bantuan, agar dapat langsung pada masyarakat korban gempa tsunami menerimanya. Semoga Allah SWT, selalu melindungi kita semua, Aamiin, ujarnya. (Buih)

By Pilar